Home > Gaya Hidup > Wow, Lukisan Wajah Yesus Kristus Karya Leonardo da Vinci Laku Rp 6 Triliun

Wow, Lukisan Wajah Yesus Kristus Karya Leonardo da Vinci Laku Rp 6 Triliun

New York – Lukisan wajah Yesus Kristus karya Leonardo da Vinci memecahkan rekor harga lukisan termahal yang pernah dilelang.

Wow, Lukisan Wajah Yesus Kristus Karya Leonardo da Vinci Laku Rp 6 Triliun

Seperti dilansir Reuters, Kamis (16/11/2017), lukisan berjudul “Salvator Mundi” yang dibuat sekitar tahun 1500 ini terjual dengan harga USD 450,3 juta atau setara dengan Rp 6 triliun saat dilelang di rumah lelang Christie di New York, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2017) waktu setempat.

Salvator Mundi ini merupakan salah satu dari 20 karya besar Leonardo da Vinci yang masih utuh.

Harga Rp 6 triliun ini mengalahkan rekor dari harga lukisan berjudul “Les Femmes D’Alger” karya Picasso yang terjual seharga USD 179,4 juta atau Rp 2,3 triliun pada Mei 2015 lalu.

Pembeli lukisan “Salvator Mundi” ini adalah seseorang yang tidak mau namanya disebut dan melakukan tawar menawar melalui telepon selama kurang lebih 20 menit di rumah lelang Christie.

Lukisan berukuran 66 cm x 45 cm ini memperlihatkan wajah Yesus Kristus dalam pakaian era Renaissance. Satu tangannya terangkat memberikan berkat, sedangkan tangan yang lainnya memegang bola kristal.

Lukisam ini awalnya dimiliki oleh Raja Louis XII dari Prancis, yang kemudian berpindah tangan ke Pangeran Charles I dari Inggris.

Meski pernah dikabarkan hilang pada akhir abad ke-18, namun lukisan ini kemudian muncul kembali pada tahun 1958 dalam acara pelelangan. Pada saat itu, lukisan tersebut dianggap hanya karya salinan sehingga hanya laku 45 Poundsterling atau setara dengan Rp 790 ribu.

Pada tahun 2005, lukisan itu lantas berpindah tangan ke kelompok makelar seni dengan harga di bawah US$ 10 ribu (Rp 133 juta). “Salvator Mundi” lantas direkondisi secara besar-besaran dengan memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

Pemilik terakhir lukisan “Salvator Mundi” sebelum dilelang adalah Dmitry Rybolovlev, seorang pengusaha asal Rusia, yang membelinya seharga USD 127,5 juta (Rp 1,6 triliun) pada 2013 lalu, juga di acara lelang.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Jakarta – Isu pelakor ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun perselingkuhan justru menjadi tren ...