Home > Gaya Hidup > Begini Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara di Musim Hujan

Begini Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara di Musim Hujan

Jakarta – Di saat musim hujan, biasanya suhu udara di sekitar menjadi lebih dingin dari biasanya. Bagi yang menggunakan mobil, umumnya akan lebih berat menahan kantuk ketika mengemudi karena udara menjadi lebih sejuk, ditambah dengan keadaan tubuh yang sudah lelah setelah seharian bekerja.

Begini Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara di Musim Hujan

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Menurut Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh pada siang hari atau menjelang pulang kerja juga mempengaruhi rasa mengantuk seseorang.

“Jangan makan terlalu kenyang karena jika terlalu banyak makan, biasanya akan ada rasa ngantuk saat mulai mengolah makanan,” kata Leona.

“Hal ini karena kita membutuhkan energi untuk memulai proses pencernaan makanan jadi fokus energi di tubuh biasanya ke saluran pencernaan (makanya terasa ngantuk),” jelas Leona.

Selain makanan, jenis minuman yang dikonsumsi juga memegang peranan. Sebaiknya menurut Leona, hindarilah minuman yang mengandung gula karena justru membuat tubuh akan lebih mudah mengantuk.

“Cukup hidrasi dengan cairan yang tidak berkalori atau bergula seperti air putih, teh tawar, teh hijau tawar, infused water. Karena, minuman yang bergula justru akan lebih cepat haus dan terlalu banyak karbohidrat yang masuk (belum tentu itu digunakan karena sedang duduk dikendaraan),” pungkasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Nyatakan Penderita Difteri Di Jakarta Terus Meningkat Setiap Tahunnya

Anies Nyatakan Penderita Difteri Di Jakarta Terus Meningkat Setiap Tahunnya

Jakarta – Jika anda mengalami batuk dan bersin yang tak kunjung reda sebaiknya anda segera ...