Home > Gaya Hidup > Ingin Turunkan Kolesterol, Konsumsilah 7 Buah Ini

Ingin Turunkan Kolesterol, Konsumsilah 7 Buah Ini

Jakarta – Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa mengakibatkan penumpukan lemak di dinding pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah dan darah tidak dapat mengalir dengan lancar.

Ingin Turunkan Kolesterol, Konsumsilah 7 Buah Ini

Penyempitan pembuluh darah ini bisa berakibat pada serangan jantung dan stroke.

Karena itu, mengontrol kadar kolesterol dalam darah menjadi sangat penting dengan cara mengatur olahraga dan mengatur pola makan, termasuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

Salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan adalah buah. Buah mengandung serat larut yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol.

Buah apa sajakah itu?

Apel
Jangan membuang kulit apel bila ingin memakannya karena kulit apel kaya akan pektin yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Pir
Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi dibanding apel.

Alpukat
Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain kaya akan vitamin dan mineral, alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

Berries (strawberry, blueberry, cranberry)
Keluarga berry kaya akan pektin, yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Selain itu, jenis buah ini juga banyak mengandung polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh.

Anggur
Penelitian menunjukkan, anggur merah memiliki senyawa antioksidan tinggi, yang dapat membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dan menurunkan kolestrol jahat (LDL) yang baik baik kesehatan jantung.

Jeruk
Buah berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

Pepaya
Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga kaya akan antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Awas, Kenali Penyakit Lewat Perubahan Pada Kuku

Awas, Kenali Penyakit Lewat Perubahan Pada Kuku

Jakarta – Garis putih yang muncul pada kuku kerapkali dijadikan sebuah sinyal dari tubuh. Menurut ...