Home > Ragam Berita > Nasional > Ikut Lomba, Harga Burung Milik Jokowi Mencapai Puluhan Juta Rupiah ?

Ikut Lomba, Harga Burung Milik Jokowi Mencapai Puluhan Juta Rupiah ?

Jakarta – Festival burung yang digelar di Kebun Raya Bogor, Minggu (11/03/2018), juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak hanya hadir, Presiden Jokowi pun ikut berpartisipasi dalam kompetisi kicauan burung tersebut.

Ikut Lomba, Harga Burung Milik Jokowi Mencapai Puluhan Juta Rupiah ?

Ikut Lomba, Harga Burung Milik Jokowi Mencapai Puluhan Juta Rupiah ?

Burung milik Presiden Jokowi yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut berjenis murai batu. Meski tak berhasil dalam kompetisi, rupanya burung jenis murai batu memiliki harga yang sangat tinggi.

Hal itu dijelaskan oleh Ketua Bidang Penangkaran BnR Joko TJM. Joko mengatakan bahwa burung murai batu memang jenis burung yang umum diperlombakan dalam kompetisi antarpencinta hewan berdarah panas tersebut.

“Kalau di antara komunitas, murai batu ini memang masuk kelas bergengsi untuk kicauannya. Dia berasal dari Sumatera, Kalimantan, Jawa. Selain murai batu, ada juga jenis anis merah, kacer, branjangan,” ujar dia di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018).

Baca juga : Jokowi Akui Burungnya Tak Sehebat Milik Peserta Lain

Oleh karena masuk dalam kategori jenis burung kelas bergengsi, burung jenis ini memiliki harga yang cukup fantastis. Bahkan untuk murai batu yang rutin memenangkan kompetisi bisa bernilai hingga Rp 800 juta.

“Kalau harganya yang untuk lomba itu minimal Rp 50 juta‎. Malah ada yang sampai Rp 800 juta. Memang tinggi harganya. Ini yang kecil, yang masih anak saja sekitar Rp 3,5-Rp 5 juta,” jelasnya.

Patokan harga segitu bagi masyarakat umum merupakan hal yang tidak wajar. Namun tidak begitu bagi para pecinta burung. Sebab, dalam sebuah kompetisi, semua aspek dinilai dan yang terbaik yang bisa keluar sebagai pemenang.

“Yang dinilai seperti durasi bunyi, bunyi dengan rapi dan saat berkicau dia main ekor. Kemudian irama, volume bunyi. Fisiknya juga harus utuh, seperti ekornya tidak boleh putus atau pendek,” pungkasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Bakal Jemput Paksa Dhani Jika Mangkir Lagi Dari Panggilan

Polisi Bakal Jemput Paksa Dhani Jika Mangkir Lagi Dari Panggilan

JAkarta – Pihak Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim sudah siapkan pemanggilan kedua Ahmad ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135