Home > Gaya Hidup > Tips > 12 Tips Mudah Masuk PTN Yang Diinginkan

12 Tips Mudah Masuk PTN Yang Diinginkan

Jakarta – Terlebih dahulu, selamat kepada para siswa-siswi yang telah lulus dari sekolah SMA. Pastinya, anda memimpikan untuk melanjutkan kuliah ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang sesuai dengan keinginanmu. Jika demikian, pasti anda sendiri tahu bahwa tidak mudah untuk bisa menembus kampus negeri seperti yang anda harapkan.

12 Tips Mudah Masuk PTN Yang Diinginkan

Meski begitu, bukan berarti hal tersebut mustahil bagi anda untuk melanjutkan kuliah di sana. Syaratnya adalah kamu harus lulus mengikuti serangkaian tes dan seleksi yang telah disiapkan. Tahap awal tes yang harus dilewati adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Tujuan dari tes tersebut tidak lain adalah untuk menjaring calon mahasiswa yang memang kompeten untuk mengikuti standar mata pelajaran di kampus negeri ini. Namun, jangan berkecil hati dulu ya? Semuanya pasti ada jalan yang bisa ditempuh dalam meraih impianmu.

Lantas, beginilah 12 cara agar bisa lulus atau diterima kuliah di PTN :

1. Percaya Diri

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk bisa lolos di ujian masuk PTN adalah yang sifatnya mentalistic, yakni rasa percaya diri. Tak peduli sehebat apapun kamu, jika tak memiliki rasa percaya diri, maka peluang untuk gagal masih sangatlah besar. Kebanyakan, orang yang tak punya rasa percaya diri selalu kalah dari orang yang percaya diri.

Dan hal ini berlaku di setiap lini, termasuk dalam ujian masuk PTN sekalipun. Jadi, tanamkan di kepala selalu bahwa semua peserta memiliki peluang yang sama untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang diinginkan dan menjadi favorit banyak orang.

2. Cari dan Ikuti Bimbingan Belajar yang Tepat

Nah, tapi ternyata rasa percaya diri saja ternyata tidak cukup. Untuk bisa masuk ke PTN idaman, hal lain yang harus kamu persiapkan adalah tidak berhenti belajar. Sebab ada persaingan besar yang harus dihadapi dalam proses seleksi masuk PTN,

sudah tentu kamu harus terus meningkatkan intensitas belajar lebih dari biasanya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang menyediakan fasilitas super intensif SNMPTN. Melalui program ini, kegiatan belajar kamu bakal lebih teratur dan kondusif.

3. Jangan Malas, Rutinlah Latihan dari Berbagai Model Soal Ujian

Hal lain yang haruskamu lakukan untuk bisa lolos SNMPTN adalah melakukan banyak latihan soal. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan cara membeli buku-buku latihan soal yang khusus untuk ujian masuk ke Perguruan Tinggi.

4. Konsisten dan Disiplinlah dalam Persiapan Masuk PTN

Tak peduli berapa lama kamu belajar, tanpa konsistensi dan disiplin tinggi, semuanya akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Tentukan seberapa lama kamu mampu belajar dalam satu hari, dan jangan terlalu memaksakan yang justru menjadi tidak proporsional.

Jika ternyata hanya mampu 1 atau 2 jam belajar, maka pergunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin. Efektifitas belajar itu bukan ditentukan oleh durasi atau selama apa kamu mampu melakoninya, melainkan dengan konsistensi dan tingkat kediplinan yang tinggi.

Belajar satu atau dua jam setiap hari, jelas akan jauh lebih efektif ketimbang belajar hingga 12  jam namun cuma sesekali saja. Jika ini yang terjadi, bukannya bisa memahami yang dipelajari, tapi justru akan membuyarkan konsentrasi.

5. Carilah Waktu dan Tempat Belajar yang Tepat

Guna memaksimalkan proses belajar, yang perlu kamu perhatikan berikutnya adalah soal waktu dan tempatnya. Carilah waktu yang tepat dalam keseharianmu sebagai tempat belajar yang nyaman dan tenang. Sebab hal ini akan berpengaruh besar terhadap fokus atau konsentrasimu dalam menjalankan proses belajar.

6. Jangan Segan Minta Motivasi dari Orang-Orang di Sekitar

Motivasi diri untuk terus menumbuhkan semangat. Dalam sebuah proses perjuangan, mentalitas seseorang biasanya sangat rentan dan fluktuatif atau naik-turun. Untuk menstabilkan keadaan ini, ada baiknya sering-sering meminta motivasi dari orang-orang di sekitar yang kamu percayai, semisal orangtua, kakak atau sahabat. Jangan ragu untuk menceritakan semua kesulitan kamu pada mereka.

7. Bisa Mengasah Kemampuan, Jangan Pelit Berbagi Ilmu

Seperti kata pepatah ilmu padi “semakin berisi semakin merunduk”, janganlah kamu pelit dengan ilmu yang kamu miliki. Hal ini bisa kamu terapkan dengan cara berbagi ilmu kepada orang-orang terdekat atau orang lain yang meminta bantuan.

Jangan pelit, karena sejatinya ilmu tak akan berkurang karena kamu mengajarkannya kepada orang lain. Justru, cara ini sama halnya dengan mengulang apa yang sudah kamu dapatkan.

Dengan demikian, segala yang sudah berhasil kamu pelajari akan semakin terpatri di dalam otak, dan ini akan sangat berguna buatmu karena akan semakin mengasah kemampuanmu, bukan?

8. Jangan Setengah-Setengah, Sempurnakan Pelajaran

Sempurnakanlah pelajaran yang tengah kamu pelajari, jangan sampai ada hal sekecil apapun yang tidak kamu kuasai. Jika sekiranya ada bab-bab yang belum kamu mengerti, maka segera tanyakanlah kepada guru atau orang-orang di sekitar yang sudah lebih dulu memahaminya

Jangan biarkan ada pengetahuan yang bolong ketika hari-H ujian SNMPTN ini digelar. Akan ada banyak soal yang di luar dugaanmu muncul dalam fase tersebut.

9. Harus Rajin Ikut Try Out

Kendati sudah sering berlatih dengan soal-soal yang dimaksudkan untuk mengikuti SNMPTN, namun kamu tetap perlu mengikuti latihan pemanasan seperti try out.

Dengan rutin ikut try out kamu bisa mengukur kemampuan dengan para pesaing lain dan memperoleh nilai prediksi peluangmu untuk lolos ujian kedepannya.

Jika terbukti nilai try out kamu di bawah standar masuk PTN, itu artinya ada hal-hal yang harus kamu benahi. Tingkatkan intesitas belajar lebih dari sebelumnya.

10. Jangan Pernah Batasi Soal Saat Tes

Salah satu penyebab gagalnya seseorang saat mengikuti SNMPTN adalah karena membatasi soal tes. Jangan batasi jumlah soal yang bisa kamu kerjakan, karena semakin sedikit, maka semakin sempit pula peluang kamu untuk bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi.

Ingatlah bagaimana susah payahnya proses yang kamu lalui sebelum kemudian sampai di hari-H tes tersebut, dan ingat seberapa besar mimpi kamu untuk bisa masuk di Perguruan Tinggi terpilih, serta pikirkanlah bagaimana harapan orang-orang di sekitar kamu yang berharap kamu bisa lolos.

Pun demikian, kamu juga harus mampu mengonversi semua beban tersebut sebagai motivasi atau cambuk untuk lebih semangat lagi menghadapi rintangan yang ada di depan mata.

11. Siapkan Mental di Hari-H Ujian

Tak jarang, orang gagal karena faktor mental yang lemah kala menghadapi SNMPTN. Untuk itu, teruslah berpikir bahwa kamu mempunyai hak dan peluang yang sama dengan peserta lainnya. Dan berpikirlah bahwa kamu mampu menjadi yang nomor satu di antara semuanya.

12. Berdoalah dan Berserah Diri pada Tuhan

Manusia hanya dapat berencana dan mengusahakannya, namun soal hasil tetaplah Tuhan yang memutuskan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan. Mintalah untuk dilancarkan dalam semua urusan yang tengah dan akan dihadapi.

Selain itu, kamu juga bisa minta orang-orang di sekitar, seperti orangtua, kakak, adik, saudara atau teman serta sahabat untuk ikut mendoakan.

 

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Cara untuk Hindari Heatstroke

Inilah Beberapa Cara untuk Hindari Heatstroke

Jakarta – Musim pancaroba yang terjadi belakangan memang cukup menggangu. Hujan yang tiba-tiba bisa membuat ...