New Delhi – Sebuah bus bermuatan penumpang yang penuh sesak, jatuh ke sebuah jurang di India selatan pada Selasa (11/9) malam waktu setempat. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 55 orang dan beberapa orang lainnya terluka.

Puluhan Penumpang Tewas Dalam Kecelakaan Bus di India

Kecelakaan tersebut menjadi salah satu dalam salah satu kecelakaan terburuk tahun ini. Bus tersebut diketahui salah satu transportasi milik negara bagian Telangana yang sedang dalam perajalan pulang dari kuil di puncak bukit.

“Di distrik Jagtial, sekitar 190 km dari Hyderabad, ibu kota dari negara bagian tersebut,” ujar pejabat distrik G. Narendhar sebagaimana diberitakan AFP pada Selasa (11/9/2018).

“Pengemudi kehilangan kontrol dan bus tergelincir dari jalan dan jatuh ke lembah. Sebagian besar penumpang mengalami luka parah,” imbuhnya.

Kesimpulan sementara, penyebab utama kecelakaan adalah rem yang tidak berfungsi. Namun Narendhar menyebut peristiwa ini masih perlu diselidiki lebih lanjut.

Baca juga: Presiden John Magufuli Imbau Warganya Tidak Pakai Alat Kontrasepsi

“Ada 94 orang di dalam bus, termasuk pengemudi dan kondekturnya, telah melampaui batas hukum (aturan) yaitua 52 orang,” tegas Narendhar.

Perdana Menteri Narendra Modi turut berbela sungkawa atas tragedi maut tersebut via akun Twitternya. “Penderitaan karena kehilangan nyawa,” cuit Narendhar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)