Jakarta – Sudah eksis sejak dibuat pada Mei 2016 lalu, kanal YouTube resmi milik Presiden Joko Widodo akhirnya telah menembus 1 juta subscriber.

Dirilis 2016, Kanal Youtube Jokowi Kini Tembus 1 Juta Subscriber

Dalam kanal ini, Jokowi mengisi perihal pandangan politiknya hingga kehidupannya sehari-hari. Sementara itu, YouTube selaku penyedia platform berbagi video selalu memberikan trofi kepada pengguna yang memiliki banyak subscriber. Trofi ini dikenal dengan sebutan YouTube Play Button.

YouTube Play Button ini memiliki “kasta” masing-masing. Yang paling rendah adalah Silver Play Button, yang diberikan untuk menghadiahi kanal dengan 100.000 subscriber.

Lalu di atasnya, ada Gold Play Button. Jokowi sendiri seharusnya mendapatkan trofi ini, pasalnya Gold Play Button diberikan kepada kanal yang memiliki 1 juta subscriber.

Setelah itu ada Diamond Play Button untuk kanal yang memiliki 10 juta subscriber. Dan untuk kanal yang memiliki lebih dari 50 juta subscriber, mereka dapat memilih sendiri bentuk trofi yang mereka inginkan, atau biasa disebut dengan Custom Play Button.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)