Jakarta – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengklaim bahwa dirirnya jago untuk mengurus masalah sampah di Surabaya. Bahkan Risma sendiri mengaku mendesain taman-taman di Maluku Utara.

Risma menyatakan siap untuk menularkan pengetahuannya terkait pengelolaan sampah perkotaan dan perbaikan kualitas udara ke kota-kota lain di Indonesia. Menurutnya, pengelolaan sampah dan kebersihan adalah kebutuhan mutlak dimana dia tinggal.

“(Program kebersihan ini) saya berikan semua, ke seluruh kota di Indonesia. (Dengan program ini) maka indonesia akan maju,” kata Risma saat diwawancarai wartawan usai Pembukaan Asia-Pacific Hospice and Palliative Care Conference (APHC), di Convention Grand City, Jumat (02/08/2019) kemarin.

Kata Risma, masalah sampah dan kualitas udara adalah dua hal yang sangat penting. Risma mengatakan bahwa kebersihan dan menjaga kualitas udara kota ini berpengaruh terhadap faktor kesehatan, perekonomian, dan investasi sebuah kota. Risma menyatakan bahwa dirinya siap membantu pengelolaan kebersihan kota-kota yang ada di Indonesia. Hal ini agar seluruh wilayah di Tanah Air dapat melakukan pengelolahan terhadap sampah dengan tepat.

Ia juga mengaku sebelumnya sudah membantu salah satu kota di Maluku Utara untuk membuat desain taman.

“Saya mendesain sendiri tamannya, karena wali kotanya yang meminta. Saya desainkan taman, pedagang kaki lima, dan lainnya,” kata dia.

Ia juga memaparkan agar program dan upaya yang dilakukannya tidak dianggap untuk mengintervensi. lantaran program ini bukan untuk melakukan perbandingan antara satu kota dengan lainnya.

Setiap mendapat penghargaan pun, kata Risma, pihaknya menyatakan bahwa pengelolaan kebersihan ini sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan terhadap masyarakat. Sehingga tidak ada niatan untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik ataupun membanding-bandingkan.

Saat ditanya wartawan terkait kesiapannya membantu DKI Jakarta, ia menyatkaan dengan tegas bakal membantu siapapun. Tapi perlu diingat, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kota.

“Nanti saya dikira lagi ingin begini begitu,” kata dia.

Risma berharap dengan adanya pengelolaan kebersihan ini dapat membawa pengaruh positif terhadap masyarakat. Sehingga anak cucu warga Indonesia mampu bertahan hidup di kota mana pun di wilayah Indonesia. (Hr-www.harianindo.com)