Kapasitas Harddisk Semakin Gila

13/10/2013
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

 

Harddisk TDK

Harddisk TDK

Tokyo – Kapasitas mesin penyimpan data harddisk dipastikan bakal meningkat drastis. Seperti dilansir dari Hot Hardware (Sabtu, 12/10/2013), apabila saat ini banyak harddisk berukuran 4TB yang beredar dipasaran, janga heran apabila dalam waktu dekat ini akan beredar harddisk yang memiliki kapasitas hingga 10x lipatnya. Sebuah perusahaan hardware asal Jepang, TDK, tengah dipalorkan sedang mengembangkan sbuah teknologi penyimpanan yang memungkinkan sebua harddisk memiliki kapasitas mencapai 40 TB. Fantastis.

Teknologi penyimpanan saat ini yang diberi nama ‘high magnetic coercivity’  dinilai sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini dimana lonjakan permintaan akan kapasitas harddisk yang lebih besar terjadi dimanapun di seluruh dunia. Alhasil TDK dipakasa untuk memutar otak dan kini lahirlah sebuah proyek untuk menembakkan laser pada media magnetic milik harddisk dengan teknologi terbaru. Diharapkan dengan eksperimen ini dapat menghasilkan peningkatan kapsitas yang signifikan.

Namun Anda diharapkan bersabar karena teknologi ini baru akan Anda nikmati sekitar tahun 2020. Ini pun masih prakiraan karena masih menunggu hasil pengujian pertama yang baru akan diumumkan oleh TDK pada semester kedua tahun 2015. Cukup lama ya, semoga penantian kita tidak berakhir sia-sia.

advertisement

Comments are closed

advertisement

Photo Gallery

Tweet
Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me