RUU Pilkada: Koalisi Merah Putih Menangkan Paripurna, Pilkada Diputuskan Melalui DPRD

advertisement:


26/09/2014

RUU Pilkada: Koalisi Merah Putih Menangkan Paripurna, Pilkada Diputuskan Melalui DPRDJakarta – Sidang paripurna untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) telah usai dilaksanakan. Sidang legislatif tertinggi di Indonesia tersebut pun “dimenangkan” oleh kubu Koalisi Merah Putih (KMP), yang memilih opsi bahwa pilkada akan dilaksanakan melalui keputusan DPRD.

Terkait hasil ini, salah seorang anggota KMP dari fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, mengatakan bahwa kemenangan sidang melalui voing tersebut menunjukkan bagaimana solidnya partai-partai di dalam KMP. Hasil ini cukup melegakan baginya, karena posisi KMP sempat terjepit akibat usulan “jalan tengah” fraksi Demokrat yang mendukung opsi pilkada secara langsung namun menyertakan 10 syarat.

Fraksi Demokrat memutuskan walkout ketika perdebatan telah berkembang menjadi semakin tak terkendali dan menimbulkan kericuhan, serta memaksa pimpinan sidang untuk kembali menskors sidang pada sekitar pukul 23.57 WIB. Keluarnya fraksi Demokrat seakan memberi angin segar kepada kubu KMP.

Ketika sidang kembali dilanjutkan, diputuskan bahwa pengambilan keputusan akan dilakukan secara voting. Hasilnya, fraksi-fraksi pendukung pilkada langsung, yaitu PDI-P, PKB, dan Hanura, kalah telak dalam perhitungan suara. Kubu pendukung opsi pilkada langsung ini masih tetap kalah meski ada 11 anggota Golkar dan 6 anggota Demokrat yang tersisa yang juga memilih opsi tersebut.

Baca pula
RUU Pilkada: Sidang Paripurna DPR Ricuh
RUU Pilkada: Suara Masih Terpecah, Rapat Paripurna DPR Berjalan Alot

Hidayat Nur Wahid pun mengatakan bahwa keputusan Demokrat untuk walkout tersebut harus tetap dihargai. Itu merupakan pilihan politik mereka.

Hidayat juga menambahkan bahwa 10 syarat yang diajukan oleh Demokrat tersebut sebenarnya juga tidak didukung sepenuhnya oleh koalisi Jokowi-JK. Posisi Demokrat pada sidang paripurna ini adalah sebagai penyeimbang, tidak condong ke KMP maupun Jokowi, namun berada di tengah. Posisi ini merupakan posisi dari Pak SBY. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery