Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Peradangan

4 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Peradangan

Jakarta – Peradangan di tubuh Anda dapat memicu munculnya beragam penyakit kronis, salah satunya penyakit jantung, Alzheimer, dan lainnya. Adapun pemicu peradangan, salah satunya berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

4 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Peradangan

Ilustrasi

Seperti contoh, minyak yang biasa digunakan untuk menggoreng. Asam lemak omega-6 berbeda dengan asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan. Molekul lemak tubuh Anda terbuat dari omega-6 yang mendukung inflamasi atau peradangan. Sedangkan omega-3 adalah zat anti inflamasi.

Berikut ulasan makanan apa saja yang bisa memicu peradangan seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (5/3/2017):

1. Makanan instan

Makanan seperti oatmeal instan dan saus barbeque mengandung gula tambahan yang dapat memicu kenaikan gula darah. Ketika tubuh
mengalami lonjakan gula darah, tubuh akan melepaskan bagian yang pro memicu peradangan. Makanan tinggi indeks glikemik seperti karbohidrat olahan dan gula, dapat menyebabkan peningkatan gula darah dengan cepat. Makanan tingi indeks glikemik termasuk pretzel, kue beras, nasi putih dan semua minuman bergula.

2. Susu berprotein

Jika Anda tidak memiliki intoleransi laktosa, susu jenis apapun dapat memicu distress gastrointestinal. Ada bukti bahwa A1 kasein dapat memicu peradangan. Susu sapi biasanya mengandung kasein A1 dan A2. Susu dengan kedua protein tersebut dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari tanda peradangan dan gejala penyakit perut lainnya, terutama pada kasein A1.

3. Lemak jenuh ganda

HDL atau kolesterol baik memiliki efek anti peradangan dalam arteri Anda. Selain dalam daging olahan, lemak jenuh juga ada pada daging domba, kulit ayam, daging sapi, keju, kue dan es krim. Batasi kalori dari lemak jenuh hingga kurang dari 7 persen dari kalori harian Anda.

Baca juga: 4 Tanda Anda Mengalami Kanker Kandung Kemih

4. Kaldu ayam kemasan

Kaldu ayam atau sapi kemasan mengandung Monosodium glutamate ata MSG. Meski pada percobaan peneliti menggunakan tikus untuk menemukan peradangan akibat MSG, para peneliti menyimpulkan untuk mengecek kembali keamanan MSG yang sering terdapat pada makanan instan.

Selain pada kaldu kemasan, MSG juga ditemukan dalam makanan ringan. Anda sebaiknya menghindari makanan yang mungkin mengandung MSG atau pastikan ada ulisan “No MSG” pada kemasannya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hati-Hati Pakai Tusuk Gigi, Bila Tidak Ingin Mengalami Ini

Hati-Hati Pakai Tusuk Gigi, Bila Tidak Ingin Mengalami Ini

Jakarta – Tusuk gigi berfungsi untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis