Jakarta – Muhammadiyah menepis tudingan telah memberikan dukungan kepada salah satu paslon di Pilkada DKI Jakarta. Mereka mengatakan, secara kelembagaan, Muhammadiyah tidak berpihak pada paslon manapun.

Muhammadiyah Membantah Memberikan Dukungan Untuk Salah Satu Paslon di Pilkada DKI

Agus Harimurti Yudhoyono

Penegasan tersebut disampaikan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti terkait dukungan Muhammadiyah DKI Jakarta terhadap pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Kalau ada dukungan dari warga Muhammadiyah (terhadap paslon Anies-Sandi) itu hanya bersifat personal saja dan bukan organisasi,” ujar Abdul Mu’ti, Minggu (5/3/2017).

Mu’ti menambahkan, selama ini Muhammadiyah merupakan organisasi dakwah dan tidak pernah terlibat dalam politik praktis baik di tingkat partai maupun pilkada.

Menurutnya, ketidakterlibatan Muhammadiyah dalam proses pilkada di seluruh sudah dituangkan dalam himbauan PP Muhammadiyah. “Jadi urusan itu (pilkada) hak masing-masing individu Muhammadiyah,” tandasnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Tegaskan Bersedia Maju di Pilgub Jabar

Tetapi Mu’ti meminta untuk menanyakan lebih jauh keputusan tersebut kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta. “Tanya PWM saja biar lebih jelas,” tutup Mu’ti. (Yayan – harianindo.com)