Home > Ragam Berita > Nasional > Saksi di Sidang Ahok : “Gus Dur Mengatakan Boleh Memilih Pemimpin Yang Non Muslim”

Saksi di Sidang Ahok : “Gus Dur Mengatakan Boleh Memilih Pemimpin Yang Non Muslim”

Jakarta ­ – Pada Selasa (7/3/2017), kembali digelar lanjutan sidang kasus terdakwa dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian. Dalam sidang tersebut, turut menghadirkan saksi yang bernama Eko Cahyono.

Saksi di Sidang Ahok : "Gus Dur Mengatakan Boleh Memilih Pemimpin Yang Non Muslim"

Sidang Ke-13 Ahok

Eko adalah pasangan Ahok ketika tampil dalam Pemilihan Gubernur Bangka Belitung pada tahun 2007 silam. Duet Ahok-Eko ketika itu gugur. Eko menjelaskan pada pilkada tersebut banyak musuh politik yang menyerang Ahok dengan menggunakan Surat Almaidah ayat 51. Mantan kepala Bappeda Belitung Timur tersebut mengungkapkan bahwa sekitar 90 persen penduduk Babel adalah seorang muslim. Sedangkan, Ahok yang menjadi pasangannya dalam Pilkada Babel memiliki keyakinan berbeda.

“Banyak yang memakai ayat ini (Almaidah 51, red) untuk kepentingan diri sendiri. Untuk berkuasa,” katanya saat bersaksi bagi Ahok.

Dalam sidang tersebut, Eko sempat menyebut bahwa Ketua Dewan Syuro PKB, KH Abdurrahman Wahid atau yang biasa dipanggil Gus Dur turun ke Babel. Hal tersebut bertujuan untuk menanggapi isu agama yang digunakan lawan politik untuk menjatuhkan Ahok yang juga diusung oleh PKB.

Ketika itu, Gus Dur menyatakan bahwa maksud Surat Almaidah ayat 51 adalah tentang memilih pemimpin agama. Sedangkan pilkada merupakan urusan memilih pemimpin pemerintahan. Eko membeberkan bahwa Gus Dur kala itu menjelaskan, umat Islam bisa memilih pemimpin nonmuslim terutama yang cakap bekerja dan mau melayani masyarakat. Eko pun melihat langsung ketika Gus Dur mengucapkan hal itu.

Baca Juga : Hakim Menolak Kakak Angkat Ahok Jadi Saksi di Persidangan

“Saya berdiri di samping Gus Dur. Beliau mengatakan boleh memilih pemimpin pemerintahan, boleh memilih pemimpin negara yang non-muslim,” ujarnya menirukan ucapan Gus Dur.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Diduga Mengandung Narkoba, Siswa di Surabaya Diminta Tak Lagi Makan Permen Dot

Diduga Mengandung Narkoba, Siswa di Surabaya Diminta Tak Lagi Makan Permen Dot

Surabaya – Heboh perihal beredarnya narkoba dalam kemasan permen di Surabaya, membuat pemerintah serius melakukan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis