Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin Beli Apartemen ? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Ingin Beli Apartemen ? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Jakarta – Ditengah maraknya kasus penipuan saat pembelian apartemen, tidak ada salahnya untuk para konsumen untuk memperhatikan beberapa poin penting yang harus dilakukan sesaat sebelum memutuskan untuk membeli apartemen yang akan diinvestasikan.

Ingin Beli Apartemen ? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Hal pertama adalah pemilihan lokasi apartemen. Bukan hanya tergiur harga penawaran yang murah saja, ada baiknya konsumen mempertimbangkan prioritas lain yaitu lokasi yang strategis.

Pada umumnya, lokasi yang strategis dapat diukur dari mudahnya akses jalan dan alternatif jalan yang dekat dengan daerah perkantoran, universitas, fasilitas umum seperti rumah sakit, bank, minimarket, dan kemudahan transportasi dari kawasan apartemen tersebut.

“Faktor lain yang menjadi catatan sebelum membeli apartemen adalah memilih lingkungan apartemen. Pilihlah lingkungan apartemen yang mampu menghadirkan kenyamanan. Seperti adanya ruang hijau yang dilengkapi tanaman yang tumbuh di sekitar apartemen, area parkir yang luas, taman yang nyaman untuk berolahraga ataupun sekedar jalan-jalan, serta view untuk lingkungan sekitar apartemen juga harus diperhatikan untuk kenyamanan pandangan,” ungkap CEO Cokrodiningrat Imperial Park Apartemen dan Hotel, Hengky Budi Priyanto (Minggu, 3/4/2016).

Hengky juga menuturkan, masalah utama yang kerap luput dari perhatian konsumen adalah masalah pengembang. Dalam pembelian apartemen usahakan hanya memilih dari para pengembang yang profesional, bertanggung jawab, dan melihat reputasi pengembang.

Konsumen dapat mengetahuinya dengan melihat pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan memilih pengembang yang tepat konsumen akan memiliki jaminan untuk menjual apartemen ketika dibutuhkan dan menaikkan nilai dari apartemen tersebut.

Setiap apartemen sudah hampir pasti mempunyai fasilitas yang berbeda-beda. Pada umumnya semakin lengkap fasilitas akan semakin mahal juga harga apartemen. Hal ini menunjukkan bahwa, jumlah fasilitas yang disediakan apartemen dapat menimbulkan perubahan pada nilai jual apartemen.

Oleh karena itulah, apabila ingin berinvestasi pada apartemen untuk nantinya bisa dijual kembali, lebih baik pilih apartemen dengan fasilitas yang lengkap.

“Langkah terakhir sebelum membeli apartemen adalah memperhatikan status tanah. Pastikan bahwa tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan apartemen bukanlah tanah sengketa atau masih berstatus sewa. Pastikan juga dokumen tidak bermasalah, seperti menjadi jaminan di bank. Bila perlu mintalah bantuan notaris atau pemda/pemprov setempat sebelum melakukan transaksi. Sebaiknya juga calon pembeli memilih apartemen dengan sistem kepemilkan Strata Title yang memungkinkan kepemilikan bersama secara horisontal disamping pemilikan secara vertikal, dimana secara garis besar dapat di artikan sebagai hak bersama atas bagian bersama,” pungkasnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Gagal Dalam Tes Menyetir

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Gagal Dalam Tes Menyetir

Jakarta – Studi mengemukakan jika mereka yang berpendidikan tinggi justru cenderung lebih sering gagal dalam ...