Home > Ragam Berita > Nasional > John Kei Sebut Testimoni Haris Azhar Soal Freddy Budiman Benar

John Kei Sebut Testimoni Haris Azhar Soal Freddy Budiman Benar

Jakarta – Pihak kepolisian telah membentuk tim gabungan pencari fakta terkait testimoni dari Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar soal pengakuan Freddy Budiman kepadanya pada 2014 lalu.

John Kei Sebut Testimoni Haris Azhar Soal Freddy Budiman Benar

Salah satu saksi yang telah dimintai keterangannya terkait testimoni tersebut yakni John Refra Kei alias John Kei yang disebutkan oleh turut mendengarkan pengakuan Freddy Budiman saat itu, selain mantan Kalapas Nusakambangan saat itu, Liberty Sitinjak.

Dalam keterangannya kepada TGPF di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Selasa (16/82016), John Kei membenarkan adanya pertemuan antara Haris Azhar dan Freddy Budiman pada pertengahan 2014 itu.

“Membenarkan. Kesimpulan sementara dari saksi yang kami temui memang benar ada pertemuan itu,” kata Hendardi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Terpidana kasus pembunuhan bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung ini bahkan mengaku mendengarkan percakapan antara Haris Azhar dan Freddy Budiman saat itu yang isinya sama seperti yang telah diungkapkan oleh Haris Azhar baru-baru ini.

“Benar materi pembicaraan yang ditulis oleh Haris. Jadi benar itu, tidak ada yang dilebihkan dan dikurangkan,” ucap Ketua Setara Institute ini.

Tim TGPF Polri sendiri baru mendengarkan kesaksian dari John Kei. Untuk ke depannya, TGPF berencana akan menggali informasi juga dari mantan Kalapas Nusakambangan Liberty Sitinjak dan pendeta yang ikut mendampingi Haris Azhar.

“Yang baru kami dengar keterangannya itu, hanya John Kei. Karena kalau Kalapas itu kan sudah pindah. Tapi nanti berikutnya akan kami dengar keterangannya. Begitu juga pendeta, kami akan dengar keterangannya minggu ini lah,” tandas Hendardi.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

KPK Berharap Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Novel Baswedan

KPK Berharap Presiden Turun Tangan Dalam Kasus Novel Baswedan

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai, Presiden Joko Widodo perlu turun tangan bila ingin ...