Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin Hubungan Anda Sehat ? Perhatikan Komponen-Komponen Berikut Ini

Ingin Hubungan Anda Sehat ? Perhatikan Komponen-Komponen Berikut Ini

Jakarta – Apakah hubungan Anda sehat? Itu adalah kiasan yang menggambarkan apakah hubungan Anda dan pasangan baik atau buruk. Lalu komponen apa sajakah yang bisa mengukur seberapa sehat hubungan berpasangan Anda?

Ingin Hubungan Anda Sehat ? Perhatikan Komponen-Komponen Berikut Ini

Hubungan Asmara

Seorang psychoanalyst, graphologist, sexologist, Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D, menjelaskan komponen ini merupakan indikasi yang bisa membuat hubungan berpasangan jadi sehat.

1. Komitmen
Komponen pertama adalah komitmen. Komitmen adalah komponen kognitif, berupa keputusan untuk secara berkesinambungan menjalankan kehidupan bersama.

2. Intimacy
Komponen kedua adalah intimacy-nya (keintiman) atau aspek emosional. Di dalamnya ada kehangatan, kepercayaan (trust) dan keinginan untuk membina hubungan.

“Hal ini akan menimbulkan sikap seseorang yang selalu ingin merasa dekat dengan orang yang ia sukai, senang bercakap-cakap dengannya hingga seringkali tak mengenal waktu, dan ada keinginan untuk berdekatan secara fisik,” papar Dr. Dono.

3. Gairah

Komponen ketiganya adalah gairah (passion). Gairah adalah elemen motivasional yang didasari oleh dorongan dari dalam diri yang bersifat seksual atau biologis.

“Jika Anda mencintai seseorang, tentulah akan membuat komitmen jangka pendek dan panjang untuk mau mencintainya. Itu juga merupakan sebuah pilihan atau keputusan, yaitu memilih untuk mencintainya, bukan orang lain,” tukas Dr. Dono.

Baca juga: Sering Lupa Tempat Parkir? Ikuti Enam Tips Berikut Ini

Dr. Dono memaparkan karena Anda mencintainya, tentu akan timbul perasaan ingin dekat (intimacy). Pada saat berdekatan, tentu ada keinginan untuk saling mengungkapkan perasaan. Selain itu, ada gairah (passion) yaitu timbulnya perasaan kangen terhadap seseorang jika jarang bertemu. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Ajak Pria Bercinta ? Ini Yang Harus Dilakukan Wanita

Ingin Ajak Pria Bercinta ? Ini Yang Harus Dilakukan Wanita

Jakarta – Sebagian wanita merasa kebingunan saat harus mengajak pria bercinta. Namun terdapat trik seksi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis