Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri Susi : Tidak Ada Pulau yang Diakuisisi Asing

Menteri Susi : Tidak Ada Pulau yang Diakuisisi Asing

Jakarta – Pemerintah mengklaim bahwa tidak ada satu pun pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah diambil alih oleh asing.

Menteri Susi : Tidak Ada Pulau yang Diakuisisi Asing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

“Tidak ada pulau diambil alih asing, siapa yang bilang, enggak ada,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Rabu (18/1/2017).

Pemerintah justru akan mendaftarkan pulau-pulau yang belum diberi nama ke Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Susi menjelaskan, sekitar 1.106 pulau yang sudah siap didaftarkan ke PBB, sedangkan pulau yang belum siap didaftarkan berjumlah lebih dari 2.800 pulau.

“Kemudian ada 111 pulau terdepan atau terluar yang akan kita sertifikatkan segera supaya tidak diambil oleh siapapun juga itu,” katanya.

Pulau-pulau tersebut, kata Susi, nantinya akan dibuka investasi baik untuk dalam negeri ataupun asing sehingga memungkinkan bagi siapa saja untuk membuka resort, investasi pertanian, perikanan.

Baca juga: Kerap Dituduh, Ahok Bantah dengan Sampaikan Visi Misi

“Tetapi kalau pulau itu kan sifatnya ada ketentuannya juga. Kalau misalnya pulau itu 100 hektare yang boleh dikelola bukan dimiliki ya, dikelola,” katanya.

Meski demikian, Susi juga menegaskan bahwa pulau-pulau kecil itu nantinya tidak diperbolehkan adanya sertifikat hak milik, namun hanya diperbolehkan untuk hak guna pakai, hak guna lahan, dan hak guna bangunan.

“Maksimum pengelolaannya 70 persen dari wilayah pulau, yang 30 persen tetap dalam penguasaan pengelolaan negara. Dari yang 70 persen harus disediakan juga 30 persen lahan hijau atau akses publik,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Habib Novel Tak Mengakui Pria NF Pembawa Bendera Sebagai Anggota GNPF-MUI

Habib Novel Tak Mengakui Pria NF Pembawa Bendera Sebagai Anggota GNPF-MUI

Jakarta – Pihak kepolisian telah menangkap pelaku pengibar bendera Merah Putih bertuliskan huruf Arab dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis