Home > Teknologi > Internet > Facebook Kini Punya Fitur Baru Untuk Menangkal Berita Hoax

Facebook Kini Punya Fitur Baru Untuk Menangkal Berita Hoax

Jakarta – Viralnya berita palsu atau hoax di jejaring sosial saat ini semakin memprihatinkan. Demi menekan penyebarannya, Facebook pun meluncurkan fitur baru penangkal hoax.

Facebook Kini Punya Fitur Baru Untuk Menangkal Berita Hoax

Facebook

Seperti dilansir dari Mashable, Jumat (24/3/2017), fitur tersebut pertama kali diumumkan pada Desember 2016. Tetapi tampaknya ini pertama kalinya publik melihatnya secara viral.

Fitur tersebut merupakan hasil kolaborasi Facebook dengan beberapa organisasi penguji fakta pihak ketiga.

Sesuai fungsinya, fitur penangkal hoax dirancang untuk memerangi penyebaran informasi hoax di Facebook dan sebagai bentuk tanggung jawab Facebook untuk menekan peredarannya.

Pasalnya platform-platform media sosial termasuk Facebook, dituding secara luas ikut mendistribusikan artikel hoax atau yang menyesatkan sehingga dinilai harus ikut bertanggung jawab.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna nantinya akan mendapatkan peringatan ketika mereka mencoba untuk mem-posting informasi palsu.

Apabila pengguna mencoba membagi artikel hoax, maka akan muncul jendela pop-up berisi peringatan yang menyatakan bahwa artikel tersebut telah diperdebatkan.

Jika tanda peringatan tersebut di-klik maka akan muncul jendela pop-up berikutnya yang berisi informasi lebih lanjut tentang konten yang disengketakan.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Berita Hoax, Menkominfo Berikan Penjelasan

Pengguna bisa mengabaikan peringatan tersebut dan mengklik “publish”, kemudian akan muncul jendela pop-up lainnya yang menegaskan bahwa akurasi dari artikel tersebut diperdebatkan oleh banyak pihak penguji fakta. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Salut! Bukan Pamer Harta dan Prestasi, Ini Postingan Pertama Bil Gates di Akun Instagramnya

Salut! Bukan Pamer Harta dan Prestasi, Ini Postingan Pertama Bil Gates di Akun Instagramnya

Jakarta – Setelah sekian lama, pendiri Microsoft Bil Gates akhirnya memiliki akun Instagram dengan nama ...