Home > Ragam Berita > Nasional > Terduga Teroris Kampung Melayu Sering Khotbah di Masjid

Terduga Teroris Kampung Melayu Sering Khotbah di Masjid

Bandung – Salah seorang terduga teroris dengan inisial JIS yang diduga terkait dengan teror di Kampung Melayu ternyata sering mengisi khotbah di masjid dekat dengan kediamannya di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Terduga Teroris Kampung Melayu Sering Khotbah di Masjid

Lokasi Bom Kampung Melayu

“Berdasarkan informasi dari warga, selama setahun belakang yang bersangkutan (JIS) sudah mulai tertutup. Awalnya sering khotbah di masjid dekat sini,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus di Cisarua, Jawa Barat, Jumat (26/5/2017).

Yusri menyebutkan, warga lalu mencium adanya gelagat yang mencurigakan dari keseharian JIS, sehingga tidak memperbolehkannya untuk kembali memimpin khotbah.

“Tapi setahun lebih agak lain, sehingga masyarakat menolak yang bersangkutan mengambil khotbah dalam kegiatan agama di sini,” ucap Yusri seperti dilansir dari Antara.

JIS ditangkap Densus 88 Antiteror dibantu Polda Metro Jaya saat tengah berada di parkiran Pasar Baru, Kota Bandung bersama istrinya pada Kamis (25/5/2017). Namun selang beberapa jam, polisi lantas membebaskan istrinya.

“Istri si JIS ini iparan dengan SA yang terlibat bom Cicendo kemarin yang sekarang sudah di lembaga pemasyarakatan,” ungkapnya.

Untuk memastikan hal tersebut, Densus bersama Polda Jabar kemudian melakukan penggeledahan di kediaman JIS untuk mencari bukti lain keterlibatan JIS dalam beberapa aksi teror di Bandung dan Jakarta.

Menurutnya, berdasarkan keterangan saksi-saksi, JIS diduga kuat masih merupakan anggota kelompok teror bom panci Cicendo. Sebab, istri JIS merupakan adik kandung dari istri SA, pelaku yang mendanai bom panci Cicendo.

Sementara untuk keterlibatannya dengan bom Kampung Melayu, Yusri belum bisa memastikan apakah JIS memiliki keterkaitan dengan INS (terduga pelaku bom bunuh diri).

“Ini yang masih yang kita dalami oleh tim apakah ada keterkaitan. Yang paling dekat ini mengarah ke kelompok Cicendo,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil penggeledahan di rumah kediaman JIS, polisi berhasil mengamankan beberapa barang bukti berupa laptop, seperangkat komputer beserta hardisk, handphone, dan dokumen-dokumen.

Baca juga: JK Ragu Bom Kampung Melayu Didalangi ISIS

“Ada beberapa barang bukti lain yang diamankan. Sementara masih didalami tim Inafis dan Densus 88,” pungkas Yusri. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Johan Budi Tanggapi Rumor 9 Menteri Bakal Diganti

Johan Budi Tanggapi Rumor 9 Menteri Bakal Diganti

Jakarta – Rumor mengenai adanya reshuffle Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini kembali ...