Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cegah Radang Tenggorokan Ketika Berpuasa

Cegah Radang Tenggorokan Ketika Berpuasa

Jakarta – Ketika sedang berpuasa, menderita radang tenggorokan tentunya amat tidak nyaman. Cuaca yang tidak menentu merupakan salah satu faktor terjadinya radang tenggorokan.

Cegah Radang Tenggorokan Ketika Berpuasa

Radang Tenggorokan

“Saat ini musim sedang tidak menentu, siang panas terik tetapi malam hujan lebat, atau sebaliknya,” ungkap Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) dr Wijaya Juwarna, Minggu (28/5/2017).

Tak hanya perubahan cuaca, Wijaya menambahkan, beberapa faktor juga memicu radang tenggorokan seperti kurang istirahat, atau kondisi tubuh sedang tidak fit.

“Puasa merupakan kewajiban bagi ummat Islam. Secara otomatis sebenarnya tubuh kita siap. Tapi tentunya menjaga tenggorokan dan lambung sangat penting untuk disiapkan kesehatannya agar puasa berjalan lancar,” tambahnya.

Dokter Wijaya juga menyarankan untuk membatasi konsumsi gorengan, makanan yang umumnya menjadi favorit orang Indonesia saat berbuka. “Saat berbuka puasa, utamakan makan makanan manis seperti kurma.”

Baca juga: Tips Sederhana Hindari Bau Mulut Saat Puasa

Kemudian, konsumsi banyak serat dan air putih yang cukup adalah hal wajib untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menghindari sariawan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Mengenal Stunting dan Gejala-Gejalanya

Jakarta – Stunting merupakan masalah kesehatan dimana seorang anak mengalami hambatan dalam pertumbuhannya sehingga tidak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135