Home > Ragam Berita > Nasional > Kajian Rencana Ibukota Pindah Ke Kalimantan Akan Tuntas Tahun Ini

Kajian Rencana Ibukota Pindah Ke Kalimantan Akan Tuntas Tahun Ini

Jakarta – Wacana Ibu Kota Indonesia yang bakal berpindah lokasi sepertinya akan menjadi kenyataan. Rencananya, Ibu Kota Republik Indonesia tidak lagi berada di Pulau Jawa, melainkan bakal berganti di Pulau Kalimantan.

Kajian Rencana Ibukota Pindah Ke Kalimantan Akan Tuntas Tahun Ini

Ibukota DKI Jakarta

Hal tersebut sebagaimana yang dikemukakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro ketika ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Senin (3/7/2017). Bambang memastikan, kajian rencana pemindahan Ibu Kota bakal tuntas tahun ini.

“Kemungkinan besar (ibu kota dipindah) di Pulau Kalimantan. Tapi spesifik dimananya di Kalimantan, itu yang masih akan kami finalkan,” kata Bambang.

Presiden pertama RI Soekarno dahulu memang sempat mewacanakan pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Wacana tersebut kembali dimunculkan oleh Presiden Joko Widodo. Bambang tidak merinci apakah pemindahan Ibu Kota bakal mengikuti wacana Presiden Soekarno atau tidak. Sebab, penentuan lokasi Ibu Kota masih tengah dikaji secara mendalam. Pemerintah tengah mengkaji estimasi pendanaan dan tata kota Ibu Kota teranyar.

“Tahun 2018 atau 2019 sudah mulai ada kegiatan terkait dengan pemindahan pusat administrasi pemerintahan,” ujarnya.

Baca Juga : Gondol TV Untuk Bayar Kos, Sepasang Kekasih Ini Ditangkap Petugas

Bambang juga mengungkapkan bahwa Bappenas yang akan memimpin kementerian dan lembaga lain dalam menjalankan rencana ini. Ia mengatakan, pemerintah memerlukan waktu sekitar tiga tahun untuk menjadikan suatu kota menjadi Ibu Kota.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lukman Hakim Tegaskan Tidak Pernah Berikan Dukung kepada LGBT

Lukman Hakim Tegaskan Tidak Pernah Berikan Dukung kepada LGBT

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali menjadi pembicaraan warga media sosial lantaran dianggap ...