Home > Teknologi > Peneliti di Jepang Beber Temuan Menyambung Kaca Yang Sudah Pecah

Peneliti di Jepang Beber Temuan Menyambung Kaca Yang Sudah Pecah

Tokyo – Tim peneliti Universitas Tokyo, beberapa hari lalu berhasil menemukan sebuah penemuan baru. Kali ini tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Akida Takuzo serta Doktor Yuu Yanagisawa ini berhasil mengembalikan kaca yang telah pecah dengan bantuan sebuah materi baru seperti perekat.

Peneliti di Jepang Beber Temuan Menyambung Kaca Yang Sudah Pecah

Saat diwawancarai oleh beberapa media, Profesor Akida berkata bahwa “Kami cuma berpikir pada dasarnya, sayang ya kalau kaca itu pecah hanya terbuang saja akhirnya. Oleh karena itu kita coba buat kaca yang kalau pecah bisa disambung lagi sehingga tidak usah dibuang,”

Dengan menggunakan tangan kering di suhu ruangan tertentu, dengan menyambungkan begitu saja, memberikan tekanan sedikit, lalu kaca bisa sambung kembali.

Materi baru yang dibuat hasil pengembangan dan penemuannya adalah “polyetherthiourea”, dan kaca yang dibuat dengan materi tersebut dapat diperbaiki kembali dengan mudah apabila kaca itu pecah.

“Kaca adalah benda keras susah memang menyambung kembali. Tetapi karet misalnya benda lunak kalau terputus bisa disambung kembali dengan mudah. Itulah memang tantangan kita,” ujarnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Cek Potensi Bencana di Kotamu Dengan Membuka Situs Milik Kementerian ESDM Ini

Cek Potensi Bencana di Kotamu Dengan Membuka Situs Milik Kementerian ESDM Ini

Jakarta – Dalam dua bulan terakhir ini Indonesia dilanda dua bencana besar yakni gempa di ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135