Home > Gaya Hidup > Jangan Cabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Jangan Cabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Jakarta – Sejumlah orang terbiasa untuk mencabut bulu hidungnya karena sudah terlihat panjang dan tidak sedap dipandang. Namun hal itu ternyata bisa membahayakan karena bisa berakibat fatal dan harus dioperasi.

Jangan Cabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Menurut dokter spesialis Tenggorokan Hidung Telinga (THT), dr. Rini Febrianti, Sp.THT-KL, salah satu akibat fatal yang dapat terjadi bila bulu hidug dicabut yang terjadinya infeksi hingga abses.

“Tindakan mencabut bulu hidung, khususnya yang sampai membuat akar terbuka, itu bisa memicu infeksi. Paling berat itu sampai abses dengan keluhan hidung sudah bernanah. Kalau sudah sampai demikian, bisa perlu tindakan operasi,” tutur dr. Rini Febrianti.

Meski kejadian tersebut angkanya tidak banyak, namun dr. Rini mengingatkan agar lebih berhati-hati dalam merapikan bulu hidung.

“Kalau bulu hidung terlalu panjang sampai keluar, lebih baik digunting sebatas muara lubang hidung. Kalau waxing sampai mulus enggak dianjurkan ya, karena bulu hidung punya fungsi yang penting,” pesannya.

Bulu hidung sendiri disamping fungsinya untuk menyaring kotoran dan debu dari udara, juga untuk menjaga kelembaban rongga hidung sehingga tidak mudah teriritasi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Insomnia? Coba Atasi Dengan Beberapa Cara Ini

Anda Insomnia? Coba Atasi Dengan Beberapa Cara Ini

Jakarta – Insomnia merupakan gangguan atau kesulitan tidur yang berlangsung secara terus menerus, yang biasanya ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135