Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Jakarta – Setelah melewati periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan (HPK), balita sangat rentan terkena berbagai penyakit berbahaya. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang mereka dapatkan dari ASI sudah mulai berkurang.

Inilah Beberapa Penyakit yang Kerap Diderita Balita

Karena itu, Anda harus waspada dan mulai memberikan nutrisi tambahan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak.

Untuk mengetahui jenis dan penyebab penyakit yang sering diderita anak pada masa pertumbuhan, berikut ini rangkumkan beberapa diantaranya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Obesitas
Anak-anak juga banyak yang terdeteksi obesitas. Bahkan, risiko penyakit ini muncul sejak mereka lahir lahir. Orangtua harus waspada mengingat obesitas memicu banyak penyakit tidak menular saat usia dewasa nanti. Penyakitnya seperti perlemakkan hati, gangguan jantung, kanker, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

Demam berdarah dengue
Waspada demam berdarah dengue (DBD) apalagi saat musim hujan. Penyakit ini ditularkan lewat gigitan nyamuk aedes agepty. Anak-anak bisa mengalami demam tinggi yang sulit diprediksi penurunannya. Belum lagi anak harus membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Bahayanya, jika terlambat diobati bisa memicu infeksi di otak.

Infeksi saluran napas
Penyakit infeksi saluran napas akut (ISPA) termasuk golongan penyakit yang sering dialami anak. Penyakit ini dipengaruhi oleh cuaca dan ditularkan lewat manusia. Gejalanya anak mengalami batuk, pilek, sesak napas, gangguan paru-paru, dan lainnya. Orangtua tidak boleh mengabaikan penyakit ini, karena dapat menimbulkan komplikasi bila tak segera ditangani dokter.

Leukimia
Penyakit leukimia atau kanker darah menjadi salah satu penyakit mematikan yang dialami oleh anak. Ada ribuan anak Indonesia yang menderita penyakit ini. Setiap hari anak-anak harus menjalani pengobatan yang rumit dan orangtua harus mengeluarkan banyak uang untuk biayanya.

Diare
Diare juga merupakan salah satu penyakit infeksi yang kerap menyerang balita. Umumnya disebabkan oleh bakteri E. Coli yang terdapat pada lingkungan sekitar anak, termasuk pada makanan yang mereka santap. Secara umum, diare merupakan penyakit yang mengganggu sistem pencernaan anak. Gejalanya ditandai perut mulas, sering buang air besar yang tidak wajar, tubuhnya lemas, wajah pucat, dan masih banyak lagi.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Simak Fakta Menarik Tentang Kecoa, Berprotein Tinggi ?

Simak Fakta Menarik Tentang Kecoa, Berprotein Tinggi ?

Jakarta – Kecoa alias lipas sudah ada dibumi sejak 300 juta tahun silam tanpa banyak ...