Home > Teknologi > Sains > Ini Dia Tiga Prediksi Menggegerkan Stephen Hawking Soal Bumi

Ini Dia Tiga Prediksi Menggegerkan Stephen Hawking Soal Bumi

London – Ilmuwan besar abad ini yang dianggap paling berpengaruh setelah Albert Einstein, Stephen Hawking, baru saja meninggal pada Rabu (14/3/2018).

Ini Dia Tiga Prediksi Menggegerkan Stephen Hawking Soal Bumi

Meski kejeniusannya diakui oleh banyak orang, termasuk para ilmuwan dunia lainnya, namun Stephen Hawking pernah mengutarakan sejumlah prediksinya yang menggegerkan soal apa yang akan terjadi pada manusia dan bumi ini.

Selain pernah menyatakan bahwa surga hanyalah dongeng bagi mereka yang takut akan kematian, Hawking juga memprediksi kemusnahan bumi dalam waktu 1.000 tahun ke depan.

Berikut ini tiga prediksi menghebohkan Stephen Hawking terkait manusia dan bumi:

1. Kecerdasan Buatan Akan Menjadi Pesaing Manusia
Stephen Hawking pernah menyatakan kekhawatirannya terkait perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Menurut Hawking, otomatisasi yang dilakukan robot lambat laun akan menggeser peran manusia.

“Aku khawatir AI (kecerdasan buatan) akan bisa menggantikan manusia sepenuhnya. Jika manusia merancang komputer dengan virus, suatu saat nanti seseorang akan merancang AI yang bisa meningkatkan dan mereplikasi dirinya sendiri. AI ini akan menjadi bentuk kehidupan baru yang mengalahkan manusia,” kata Hawking, dilansir dari Wired pada Oktober 2017 lalu.

2. Bumi Akan Mendidih Seperti Venus
Tidak lama setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memutuskan untuk keluar dari persetujuaan Paris tentang perubahan iklim, Hawking kemudian angkat bicara.

“Kita sudah sangat dekat dengan titik di mana pemanasan global tidak bisa diperbaiki lagi. Tindakan Trump bisa medorong Bumi keluar batasnya dan menjadi seperti Venus, di mana temperatur 250 derajat celsius dan hujan asam sulfur adalah kejadian sehari-hari,” tandas Hawking, dikutip dari BBC News.

3. Manusia Harus Meninggalkan Bumi Dalam 100 Tahun
Hawking juga pernah menggagas agar manusia segera mencari alternatif tempat tinggal lainnya di luar bumi.

Dalam dokumentasi milik BBC, Stephen Hawking: Expedition New Earth, Hawking mengatakan bahwa kemungkinan bencana di Bumi hampir pasti terjadi dalam 1.000 atau 10.000 tahun lagi.

“Kita harus ke luar angkasa untuk masa depan kemanusiaan. Aku rasa kita tidak akan bisa selamat 1.000 tahun lagi bila tidak keluar dari planet kita yang rentan ini,” katanya.

Bahkan pada Mei 2017, Hawking justu memajukan prediksinya agar manusia meninggalkan bumi dalam 100 tahun ke depan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Cek Potensi Bencana di Kotamu Dengan Membuka Situs Milik Kementerian ESDM Ini

Cek Potensi Bencana di Kotamu Dengan Membuka Situs Milik Kementerian ESDM Ini

Jakarta – Dalam dua bulan terakhir ini Indonesia dilanda dua bencana besar yakni gempa di ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135