Home > Teknologi > Sains > Ini Dia Lima Fakta Menarik Stephen Hawking Yang Mungkin Tidak Banyak Orang Tahu

Ini Dia Lima Fakta Menarik Stephen Hawking Yang Mungkin Tidak Banyak Orang Tahu

Jakarta – Ilmuwan Stephen Hawking meninggal dunia di usia 76 tahun, pada 14 Maret 2018 lalu. Nama besar dan pernyataan-pernyataan kontroversialnya membuat Stephen Hawking dengan disejajarkan dengan ilmuwan-ilmuwan dunia sebelumnya, seperti Albert Einstein, atau Galileo Galilei.

Ini Dia Lima Fakta Menarik Stephen Hawking Yang Mungkin Tidak Banyak Orang Tahu

Pria yang diberi gelar profesor Lucasian bidang matematika di University of Cambridge tersebut merupakan penulis buku best seller ‘A Brief History of Time’ dan dikenal dengan teori Big Bang.

Pada umur 21 tahun, Hawking divonis menderita penyakit langka amyotrophic lateral sclerosis (ALS) dan dokter memprediksi umurnya hanya bertahan dua tahun saja.

Berikut ini lima fakta menarik terkait Stephen Hawking yang mungkin tidak banyak diketahui publik:

1. Punya Suara Robot
Sejak divonis menderita ALS, Stephen Hawking mengalami kelumpuhan dan harus bergantung pada perangkat komputer bernama DECTalk DTC01 yang ditempelkan pada kursi rodanya aygar Hawking dapat berbicara dan mengajar.

Alat ini dapat mengeluarkan suara voice synthesizer mirip robot. Meski terbilang tua karena diproduksi pada 1986, namun Hawking tidak berniat untuk meng-upgradenya karena Hawking sudah merasa dekat dengan alat itu.

“Saya tetap menggunakannya, karena saya belum mendengar suara yang lebih baik dari robot ini, dan karena saya sudah merasa dekat dan teridentifikasi dengan benda ini,” ujarnya.

2. Nilai Akademisnya Biasa-Biasa Saja
Meski dikenal jenius namun prestasi akademis Hawking terbilang biasa-biasa saja seperti rekan-rekannya yang lain. Akan tetapi, bakat Hawking di bidang Matematika lambat laun semakin terlihat dan dianggap sejajar dengan Albert Einstein.

Hawking juga memegang jabatan akademis sebagai profesor Lucasian bidang Matematika ke-17 di University of Cambridge. Posisi ini pernah dipegang Isaac Newton pada 1699-1702.

3. Dianggap Reinkarnasi Galileo Galilei
Stephen Hawking lahir pada 8 Januari 1942, bertepatan dengan peringatan 300 tahun meninggalnya ilmuwan besar Galileo Galilei yang meninggal pada 8 Januari 1642.

Karena waktunya yang kebetulan bersamaan dan sama-sama memiliki kejeniusan di bidang ilmu Matematika dan Fisika, banyak orang lantas menganggap Hawking merupakan reinkarnasi dari Galileo Galilei.

Selain jenius, keduanya juga pernah bertentangan dengan pemuka agama. Teori heliosentris (bumi mengitari matahari) yang dikemukakan Galileo pernah ditentang oleh gereja pada masa itu. Demikian pula teori asal mula alam semesta yang dikatakan Hawking dianggap bertentangan dengan teori penciptaan oleh Tuhan.

4. Pernah Kalah Dalam Taruhan Teori ‘Black Hole’
Stephen Hawking pernah kalah bertaruh dan berbesar hati mengakui kesalahannya. Pada 1997 lalu, Hawking pernah bertaruh dengan rekan sesama ilmuwan, John Preskill dan Kip Throne tentang konsep black hole atau lubang hitam yang menyatakan bahwa tidak ada yang dapat melarikan diri dari sebuah lubang hitam yang bertentangan dengan dasar-dasar mekanika kuantum.

Hawking akhirnya mengakui kesalahannya pada 2004 saat memberikan kuliah di acara Scientific Conference.

5. Ilmuwan Selebritis
Meskipun sebagai ilmuwan, Stephen Hawking juga pernah beberapa kali tampil di acara televisi dan film. Sebut saja film serial The Big Bang Theory pada 1993, dan film Star Trek: The Next Generation pada tahun berikutnya.

Hawking juga sempat dibuatkan karakter animasinya dalam serial kartun The Simpsons dan Futurama.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Poncharal Ingin Nikmati Masa-Masa Akhir Bersama Yamaha di ValenciaPoncharal Ingin Nikmati Masa-Masa Akhir Bersama Yamaha di Valencia

Poncharal Akui Tidak Menyesal Hengkang dari Yamaha

Bormes Les Mimosas – Bos Tech 3, Herve Poncharal, mengaku tak mengalami rasa iri ketika ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135