Home > Gaya Hidup > Tips > Kebiasaan Gunakan Standar Samping Untuk Parkir Motor Punya Dampak Buruk

Kebiasaan Gunakan Standar Samping Untuk Parkir Motor Punya Dampak Buruk

Jakarta – Standar samping memang merupakan salah satu part yang selalu ada dalam setiap kendaraan bermotor roda dua. Namun, kebiasaan menggunakan standar samping bisa berefek buruk kepada sepeda motor.

Kebiasaan Gunakan Standar Samping Untuk Parkir Motor Punya Dampak Buruk

Kali ini Supriyatna selaku Mekanik di Planet Ban Lenteng Agung, Jakarta beberkan fakta mencengangkan bahwa sejatinya kebiasaan menggunakan standar samping dapat mengkibatkan tekanan angin di dalam ban akan cepat keluar. Sehingga ban menjadi cepat kempes. Selain itu, penggunaan standar samping juga bisa mengakibatkan kualitas material ban berkurang. Terutama sisi sebelah kiri yang sering menahan bobot motor saatkendaraan diparkir dengan standar samping.

Saat ditemui di Planet Ban tempat ia bekerja, dirinya mengungkapkan jika “Saat posisi parkir motor menyamping ke kiri atau standar satu itu kan tekanan angin di ban ke samping kiri. Tekanan angin di ban akan berpengaruh, yaitu angin didalam ban akan cepat keluar karena nempel,”

Sehingga dirinya menyarankan agar membiasakan diri memarkir sepeda motor dengan standar tengah atau standar dua. Akibat lain yang bisa muncul yaitu motor menjadi miring ke satu sisi (kiri). Shock sebelah kiri akan selalu terbebani saat sepeda motor diparkir dengan standar samping. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka dimungkinkan terjadinya kerusakan seal shock. Akhirnya membuat oli bocor.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Tip untuk Atasi Pasangan dengan Mood Swing

Inilah Beberapa Tip untuk Atasi Pasangan dengan Mood Swing

Jakarta – Setiap orang jelas berbeda dan memiliki karakter serta sifat yang tak sama. Ada ...