Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah Rusia Kantongi Identitas Pelaku Upaya Pembunuhan Sergey Skripal

Pemerintah Rusia Kantongi Identitas Pelaku Upaya Pembunuhan Sergey Skripal

Vladivostok – Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia mengetahui identitas asli dua orang yang dituduh oleh jaksa Inggris sebagai pelaku upaya pembunuhan terhadap mantan mata-mata Rusia, Sergey Skripal dan putrinya, Yulia di Salisbury, Inggris Maret lalu.

Pemerintah Rusia Kantongi Identitas Pelaku Upaya Pembunuhan Sergey Skripal

Vladimir Putin

Pekan lalu, kejaksaan Inggris mengidentifikasi dua warga Rusia yang disebut beroperasi dengan nama palsu, Alexander Petrov dan Ruslan Boshirov, yang disebut berusaha meracuni Skripal dengan zat syaraf Novichok.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Kamis (13/9/2018) Putin yang berbicara pada forum ekonomi di Vladivostok mengatakan bahwa Rusia telah menemukan kedua orang yang disebutkan oleh pihak Inggris dan bahwa keduanya adalah warga sipil tanpa ada sesuatu spesial atau memiliki catatan kriminal. Putin berharap kedua orang tersebut dapat muncul dan menceritakan kepada dunia mengenai kisah itu dari sudut pandang mereka.

Petrov dan Boshirov diidentifikasi oleh kejaksaan Inggris sebagai mata-mata yang meracuni Skripal dengan persetujuan dari kepemimpinan Rusia di Kremlin. Penyelidik mengatakan, ada jejak racun Novichok yang ditemukan di kamar hotel yang digunakan keduanya saat berada di Inggris dan mereka dua kali tertangkap kamera CCTV di Salibury.

Namun, Rusia membantah tuduhan itu dan menyatakan bahwa Kremlin terlibat dalam upaya pembunuhan terhadap Skripal dan putrinya. “Baik pimpinan puncak Rusia maupun mereka yang berpangkat rendah, dan para pejabat Rusia, tidak ada hubungannya dengan peristiwa di Salisbury,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov saat itu. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Parlemen Inggris tentang Usul Theresa May Terkait Negosiasi Post-Brexit

Parlemen Inggris tentang Usul Theresa May Terkait Negosiasi Post-Brexit

London – Sebuah kelompok beranggotakan sekira 50 anggota parlemen dalam pemerintahan Inggris yang menentang usulan ...