Home > Gaya Hidup > Studi, Orang Yang Sering Berkata Kasar Biasanya Memiliki IQ Tinggi

Studi, Orang Yang Sering Berkata Kasar Biasanya Memiliki IQ Tinggi

Jakarta – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah fakta yang mengejutkan. Dimana orang dengan tingkat intelijen (IQ) tinggi cenderung lebih sering mengeluarkan kata-kata kasar ataupun umpatan.

Seperti dilansir dari Mirror, Sabtu (26/12/2015), penelitian ini dilakukan oleh psikolog dari dua perguruan tinggi di Amerika. Mereka meneliti kemampuan dari beberapa orang usia di kelompok usia 18-20 tahun untuk mengumpat sebanyak-banyaknya dengan umpatan yang berbeda-beda dalam waktu 60 detik.

Peneliti lantas menemukan bahwa mereka yang memiliki kosakata lebih banyak untuk mengumpat ternyata memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi ketimbang mereka yang menghindari kata-kata kotor.

Dalam jurnal yang dikeluarkan Languange Sciences, penulis studi, Psikolog Kristin dan Timothy Jay mengatakan asumsi umum selama ini salah, dimana banyak yang menganggap bahwa orang yang sering mengumpat itu cenderung malas mencari kosakata yang memadai, kurang pendidikan atau tidak bisa mengendalikan diri. Nyatanya, hasil dari penelitian mereka menemukan hal sebaliknya.

“Kefasihan mereka mencari kata-kata kotor berkolerasi positif dengan POV (kemiskinan kosakata). Ini artinya, orang dengan tingkat kecerdasan (IQ) tinggi akan menggunakan kemampuan verbal untuk lebih memahami makna kata-kata kotor yang tepat untuk menghina sesuatu,” ungkapnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Antibiotik Ternyata Juga Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Antibiotik Ternyata Juga Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Jakarta – Mengkonsumsi antibiotik secara bebas bagi penyakit yang tidak disebabkan oleh bakteri justru dapat ...