Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Jakarta – Cacing pita memang sangat berbahaya bila berada di dalam tubuh manusia. Cacing tersebut pun dapat membuat kesehatan menurun. Apalagi infeksi yang ditimbulkan bisa membuat Anda diare dan anemia.

Inilah Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Cacing Pita

Karenanya, Anda yang hobi makan daging harus mewaspadai penyakit infeksi cacing pita, di mana mereka biasanya bersumber dari sana. Mengenali gejala atau tanda telah terkena infeksi cacing pita sangat penting untuk segera mendapatkan bantuan medis.

Sebagaimana diberitakan Thehealthsite pada Minggu (4/12/2016), berikut gejala atau tanda infeksi cacing pita seperti dilansir yang diungkapkan Dr Pradip Shah, dokter di Rumah Sakit Fortis, Mumbai.

Kram perut
Jika Anda mengalami rasa sakit mencengkram di perut, yang tidak kunjung sembuh setelah minum obat, segera periksa ke dokter. Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan tinjal di dokter untuk mengetahui penyebab pastinya, karena kemungkinan menunjukkan tanda infeksi cacing pita.

Berat badan menurun
Cacing pita dapat memakan makanan yang Anda makan, sehingga kemungkinan besar mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Jika Anda telah melihat perubahan berat badan yang drastis dibarengi sakit perut, maka bisa tes infeksi cacing pita.

Darah tinja
Cacing pita menempel pada dinding usus dan bergerak, sehingga menyebabkan ulserasi kecil di usus. Hal ini menyebabkan tinja berdarah pada orang-orang yang menderita infeksi cacing pita.

Mual dan muntah
Infeksi cacing pita terutama disebabkan konsumsi daging mentah, yang mengarah ke mual dan muntah. Hal ini merupakan tanda-tanda awal dari gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan di perut.

Diare
Jika Anda menderita diare berat bersama dengan nyeri perut, maka segera periksa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan tinja. Jika Anda memiliki infeksi, bagian-bagian tubuh cacing pita dan telur muncul dalam tinja.

Tubuh lemas
Sama seperti komplikasi perut lainnya, infeksi cacing pita juga menyebabkan tubuh lemas, karena mengalami nyeri perut dan muntah-muntah. Karena itu, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan infeksi cacing pita dibanding minum obat sembarangan.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sebelum Memulai Aktivitas, Lakukan 6 Peregangan Ini

Sebelum Memulai Aktivitas, Lakukan 6 Peregangan Ini

Jakarta – Peregangan tidak hanya dilakukan sesaat sebelum olahraga, tetapi sebaiknya juga dilakukan pada pagi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis