Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe

4 Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe

Jakarta – Minyak esensial amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala Anda. Kelapa pun akan terhindar dari ketombe.

4 Bahan Alami  untuk Hilangkan Ketombe

Kesehatan Kulit Kepala

Garima Singh selaku Manager Penelitian dan Pengembangan Organic Harvest, mengungkapkan, terdapat beberapa minyak esensial yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Berikut ulasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (10/1/2017):

1. Minyak lemon
Minyak lemon sangat cocok digunakan untuk mengatasi kulit kepala berminyak. Selain menjadi antiseptik dan anti-mikroba yang membantu melawan ketombe dan infeksi sekunder lainnya, minyak lemon juga bisa berfungsi sebagai aroma terapi yang menyenangkan dan tahan lama pada rambut.

Namun, hal yang harus diperhatikan yaitu harus membilas rambut hingga bersih sebelum keluar dari rumah. Sebab, lemon sangat mudah bereaksi terhadap sinar matahari.

2. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh dapat membasmi pembentukan bakteri dan ragi pada kulit kepala. Sebab, mengandung anti jamur dan bakteri yang alami dan mudah diserap oleh kulit kepala.

Minyak teh bagus digunakan pada malam hari. Tapi, disarankan mengombinasikannya dengan minyak ziatun atau jojoba untuk menghindari gatal dan iritasi pada kulit kepala yang sensitif.

3. Minyak kemangi
Selain ampuh untuk menghilangkan ketombe, minyak kemangi dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut yang sehat. Cara menggunakannya, Anda bisa menerapkan minyak kemangi selama satu jam atau lebih dengan mencampurnya dengan minyak lain seperti lavender dan rosemary.

4. Minyak clary sage
Minyak clary sage cocok untuk semua jenis rambut. Sangat efektif pada rambut berminyak, kering dan keriting.

Minyak ini mampu mengontrol ketombe dengan membatasi sebum di kulit kepala. Selain itu, khasiat lain minyak clary sage yaitu aroma herbal khas. Hal ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, campurkan tiga sendok makan minyak clary sage dengan minyak mandarin dalam ukuran yang sama. Setelah itu tambahkan lima tetes minyak lemon.

Baca juga: Inilah Beberapa Tip untuk Merawat Rambut dengan Kopi

Bagi anak-anak dan wanita hamil, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan minyak ini. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tips Mendapatkan Kebugaran Seperti Pemain Sepakbola

Tips Mendapatkan Kebugaran Seperti Pemain Sepakbola

Jakarta – Siapa yang tak ingin memiliki stamina para pemain sepak bola? seperti yang kita ...