Home > Gaya Hidup > Tips > Awas, Kandungan Kimia di Tikar Jenis Ini Dinilai Berbahaya

Awas, Kandungan Kimia di Tikar Jenis Ini Dinilai Berbahaya

Jakarta – Tikar memang menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang cukup penting. Tapi bagiaman jika karpet tersebut justru membawa dampak yang negative bagi kesehatan keluarga tercinta.

Awas, Kandungan Kimia di Tikar Jenis Ini Dinilai Berbahaya

Sekarang ini, beredar beberapa produk alas lantai yang berbahan dasar tidak ramah lingkungan, bahkan beresiko untuk kesehatan. Salah satu diantaranya yakni karpet plastik, yang dengan mudah kita temui di pasar tradisional maupun modern.

Karpet plastik biasanya mempunyai corak unik dengan gambar-gambar menarik, terutama untuk anak-anak, namun itu jadi bisa begitu berbahaya untuk kesehatan keluarga.

Terdapat laporan yang menyampaikan kandungan bahan kimia yang diperlukan pada alas lantai itu bisa mengakibatkan kanker payudara serta menghambat perkembangan anak-anak.

Menurut penelitian, dua bahan beresiko yang dikenal sebagai Phtthalate dan Bisphenol A (BPA) dilaporkan paling banyak digunakan dalam pembuatan tikar itu.

Padahal, sebagian bahan ini sudah dilarang pemakaiannya di beberapa negara karena dampaknya yang berbahaya. Bahkan di Eropa sejak tahun 2011 sudah melarang penggunaan bahan ini.

Untuk mengenali ciri-cirinya, bahan dari BPA biasanya mengeluarkan bau yang cukup menyengat, dan banyak juga digunakan pada mainan anak-anak sampai bungkus nasi.

Baca juga: Tips Kesehatan : Jangan Tidur Dalam Keadaan Masih Marah

Jadi, untuk menghindari keluarga dari ancaman tersebut, pilihlah alas yang berbahan dasar kain. Hindari tikar berbahan plastik, karena sudah dipastikan mengandung bahan BPA. (Rere – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Dia Tips Menghadapi Ular Piton

Ini Dia Tips Menghadapi Ular Piton

Jakarta – Baru saja media sosial dikejutkan dengan beredarnya video penangkapan ular piton yang telah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis