Home > Gaya Hidup > Begini Cara Mencegah Agar Terhindar dari Kanker Paru

Begini Cara Mencegah Agar Terhindar dari Kanker Paru

Jakarta – Salah satu penyakit mematikan selain penyakit jantung yakni kanker paru. Menurut data dari Globocan tahun 2012, penyakit kanker paru merupakan penyakit yang menyebabkan 30 persen kematian pada pria, dan 11,1 persen pada wanita.

Begini Cara Mencegah Agar Terhindar dari Kanker Paru

Meskipun kanker paru menyebabkan akibat yang sangat fatal bagi penderitanya, namun penyakit ini masih bisa dicegah.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit kanker paru:

Membuat Ventilasi Yang Banyak di Rumah
Aliran udara yang terbuka dan lancar di dalam rumah merupakan salah satu cara mencegah kanker paru. Bila aliran udara di dalam rumah tidak terbuka dan ditambah dengan penggunaan air conditioner (AC) maka akan meningkatkan konsentrasi gas radon, gas yang berbahaya bagi manusia dan menyebabkan kanker paru.

Menghindari Rokok dan Asapnya
Rokok yang banyak mengandung zat kimia terbukti mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan, terutama saluran pernafasan. Demikian pula asapnya. Mereka yang terpapar asap rokok memiliki risiko yang sama dengan perokok aktif.

Pakai Masker
Cara pencegahan kanker paru lainnya yakni dengan memakai masker. Dengan menggunakan masker, paparan langsung polusi udara yang banyak mengandung karbon monoksida (CO) dapat dicegah. Seperti diketahui, CO lebih cepat mengikat sel darah merah atau hemoglobin (Hb) dibandingkan dengan oksigen (O2). Karena itu, menghirup gas CO dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan sesak nafas, hingga kematian.

Memasang Exhaust Fan di Dapur
Exhaust Fan di dapur berfungsi untuk mengeluarkan asap yang berasal dari kompor. Asap dapur diketahui juga cukup berbahaya karena mengandung karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen dioksida (NO2).

Mengurangi Penggunaan Bahan Karsinogenik
Karsinogenik merupakan zat yang menyebabkan kanker. Karena itu, hindari bahan-bahan yang mengandung zat tersebut, seperti asbes, nikel, batu bara, silika, dan arsenik.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Awas, Bahaya Dibalik Tidur Pakai Kipas Angin

Awas, Bahaya Dibalik Tidur Pakai Kipas Angin

Jakarta – Indonesia memang negara tropis, dan sebuah kewajaran jika di negara ini hanya diisi ...