Home > Gaya Hidup > Tips > Begini 10 Tips Untuk Mencegah Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Begini 10 Tips Untuk Mencegah Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Jakarta – Suara dengkuran menjadi salah satu penyebab terganggunya pasangan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Begini 10 Tips Untuk Mencegah Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Ada banyak faktor dan penyebab seseorang mendengkur pada saat tidur, dan itu masih bisa dicegah atau paling tidak dikurangi agar suara dengkuran di malam hari juga bisa berkurang.

Berikut beberapa tipsnya:
1. Cobalah tidur dengan posisi miring, karena menurut banyak penelitian posisi tidur telentang biasanya membuat seseorang mendengkur.
2. Kurangi berat badan dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan
3. Jangan minum alkohol sebelum tidur. “Meminum alkohol empat sampai lima jam sebelum tidur membuat dengkuran semakin buruk,” ujar Sudhansu Chokroverty, MD, FRCP, seorang neurolog dari JFK Medical Center.
4. Jangan bekerja hingga larut malam karena otot-otot yang dipakai bekerja keras sebelum tidur akan melemah ketika seseorang memejamkan mata. Karena itu, orang yang kelelahan sebelum tidur biasanya sering mendengkur.
5. Gantilah seprai dan sarung bantal secara teratur, karena debu yang menumpuk akan menyebabkan reaksi alergi yang berujung pada dengkuran.
6. Minum air yang banyak sebelum tidur, karena sekresi (proses pembuatan lendir) di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket saat Anda mengalami dehidrasi.
7. Berhenti merokok
8. Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Bila Anda mengkonsumsi obat-obatan untuk insomnia namun tetap mendengkur, lebih berkonsultasilah pada dokter untuk menggantinya dengan obat yang lain.
9. Membersihkan hidung sebelum tidur juga bisa mencegah seseorang mendengkur.
10. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula sebelum tidur merupakan salah satu cara untuk terhindar dari kebiasaan mendengkur. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wow, Berpuasa Bisa Bikin Flu dan Batuk Cepat Sembuh

Inilah Beberapa Tip untuk Segera Sembuhkan Flu

Jakarta – Flu adalah penyakit yang paling dapat menular yang pernah ada. Penyakit menyebalkan ini ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135