Menlo Park – Facebook diketahui telah lama beroperasi. Mereka menawarkan akses internet kepada masyarakat yang belum memiliki. Sebelumnya, internet.org ditolak India. Kini Facebook merilis platform baru. Yakni, OpenCellular.

Facebook Rilis OpenCellular sebagai Platform Seluler Baru

Facebook

Sebagaimana diberitakan The Verge pada Senin (27/2/2017), OpenCellular adalah open sourceplatform akses wireless’ yang didesain untuk menurunkan harga layanan jaringan seluler yang selama ini sulit dilakukan. Sistem tersebut didesain untuk menyediakan alat guna menyetel jaringan penuh dari peralatan fisik hingga software yang menjalankannya.

Facebook mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan Teleceom Infta Project (TIP) pada awal tahun ini dengan tujuan untuk menemukan pendekatan baru untuk menyetel jaringan komunikasi intensif data dan untuk memikirkan kembali bagaimana manusia menggunakan teknologi yang telah hadir.

Kendati demikian, Facebook mengakui bahwa merambah ke dunia akses selular bukanlah hal yang mudah. Namun, Mark Zuckerberg yakin bahwa platform ini akan membantu operator telekomunikasi, peneliti, dan entrepreneur dengan memberikan dukungan pada 1.500 orang sejauh 10 kilometer meski memiliki ukuran kecil.

Baca Juga : Saksi Abdul Chair Minta Pengacara Yang Beragama Muslim Tak Lagi Membela Ahok

“Kami merancang OpenCellular sebagai sistem terbuka sehingga siapa pun, dari operator telekomunikasi, untuk peneliti, untuk pengusaha, dapat membangun dan mengoperasikan jaringan nirkabel di tempat-tempat terpencil. Ukurannya hanya seperti kotak sepatu dan dapat mendukung hingga 1.500 orang dari sejauh 10 kilometer,” tulis Zuck melalui posting-annya di Facebook.

(Tita Yanuantari – harianindo.com)