Home > Gaya Hidup > Hati-Hati, Karpet Berbahan Plastik Bisa Sebabkan Kanker dan Memperlambat Pertumbuhan Anak

Hati-Hati, Karpet Berbahan Plastik Bisa Sebabkan Kanker dan Memperlambat Pertumbuhan Anak

Jakarta – Dewasa ini karpet berbahan plastik lebih banyak dipilih oleh pada orang tua sebagai alas untuk bermain anak di lantai. Selain bahanya yang ringan, karpet jenis ini lebih praktis karena lebih ringan dan mudah sekali dalam membersihkannya.

Hati-Hati, Karpet Berbahan Plastik Bisa Sebabkan Kanker dan Memperlambat Pertumbuhan Anak

Selain itu, karpet berbahan plastik juga lebih ekonomis di sisi harga serta lebih variatif dan lebih menarik bagi anak karena karpet jenis ini hadir dengan warna-warna dan gambar yang menarik bagi anak.

Namun Anda harus lebih hati-hati karena ada bahaya besar di balik penggunaan karpet plastik, khususnya bagi kesehatan karpet ini mengandung Phthalate dan Bisphenol A (BPA). Dua bahan ini diketahui sebagai bahan berbahaya yang bisa mengakibatkan kanker payudara dan menghambat pertumbuhan anak-anak.

Phthalate dan BPA sendiri telah dilarang penggunaannya di beberapa begara Eropa karena efek sampingnya yang diketahui berbahaya sejak 2011 lalu.

Demi kesehatan jangka panjang, sebaiknya gunakanlah karpet berbahan dasar kain karena lebih aman meskipun dari segi harga lebih mahal daripada karpet plastik.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Stres Bisa Picu Penuaan Otak

Stres Bisa Picu Penuaan Otak

Jakarta – Tekanan dalam kehidupan, seperti dipecat dari pekerjaan, bercerai, maupun hidup dalam masa perang, ...