Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Kondisi yang Tidak Bisa Diabaikan Saat Menstruasi

5 Kondisi yang Tidak Bisa Diabaikan Saat Menstruasi

Jakarta – Nyeri pada saat menstruasi atau haid selama ini dianggap sebagai kondisi yang lumrah. Pada beberapa kasus, memang bukan masalah serius. Namun, nyeri haid ada kalanya mengindikasikan sebuah penyakit serius.

5 Kondisi yang Tidak Bisa Diabaikan Saat Menstruasi

Jangan abaikan kondisi-kondisi berikut ini jika Anda mengalaminya saat haid. Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Senin (19/9/2016):

1. Demam

Banyak orang menganggap demam sebagai imbas infeksi bakteri karena terlalu lama mengenakan pembalut. Padahal, kondisi ini sering dialami mereka yang memiliki penyakit radang panggul.

2. Siklus tidak teratur

Siklus haid tidak teratur dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya karena ketidakseimbangan hormon.

Kelebihan hormon prolaktin–yang ditandai dengan keluarnya cairan susu dari puting–adalah pemicu tidak lancarnya siklus haid. Kondisi ini juga menjadi indikasi adanya sindrom ovarium polikistik.

3. Darah yang berlebihan

Perhatikan seberapa sering Anda ganti pembalut dalam sehari. Jika setiap satu jam, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter. Banyaknya darah yang keluar bisa menyebabkan Anda pusing, kelelahan, bahkan pingsan.

4. Kembali berdarah

Kondisi ini sering dialami mereka yang mengonsumsi pil KB. Darah keluar lagi selang beberapa hari setelah siklus haid berhenti.

Namun, pada mereka yang tidak mengonsumsi pil KB, hal ini patut dipertanyakan. Dilansir Women’s Health, kondisi ini terjadi akibat pertumbuhan polip yang berlebih di dinding rahim.

Pendarahan setelah berhubungan seks juga bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Hal tersebut menunjukkan kelainan seperti sel displasia abnormal pada dinding rahim yang dapat berkembang menjadi kanker serviks jika tidak diobati.

5. Nyeri haid tak bisa diobati

Penyebab paling umum dari kram saat haid adalah bahan kimia prostaglandin. Bahan ini biasanya terdapat pada obat anti peradangan nonsteroid yang menghalangi produksi darah berlebih.

Jika obat pereda nyeri tidak mampu menahan rasa sakitnya, bisa jadi Anda menderita endometriosis. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk menjalani perawatan lebih lanjut seperti obat atau operasi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat

Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat

Jakarta ā€“ Hidung tersumbat mungkin pernah dialami oleh semua orang. Bisa karena influenza atau karena ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis