Home > Teknologi > Sains > Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

California – Luar angkasa memang hingga kini masih menjadi misteri. Namun, beberpa penelitian telah menguak beberapa fakta baru. Misalnya, Planet Venus mempunyai gunung berapi. Sebelumnya, ilmuwan menilai aktivitas vulkanis terakhir Venus terjadi jutaan tahun lalu. Namun, gunung berapi di planet tersebut meletus belum lama ini.

Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

Dalam sebuah observasi yang diselenggarakan oleh badan luar angkasa Eropa (ESA) terungkap bahwa gunung Idunn Mons di Venus memancarkan tingkat radiasi yang tinggi. Hal ini menandakan bahwa lava baru saja melewati daerah ini.

Para peneliti juga menggunakan foto permukaan Venus yang diambil oleh wahana Venus Express milik ESA. Foto tersebut menunjukkan aliran lava mengalir di sepanjang sisi timur gunung. Fakta ini memberi sinyal bahwa Idunn Mons masih aktif.

Baca juga: Proyek Blue Origin Diperkirakan Bakal Booming

“Venus adalah planet yang selalu dianggap saudara kembar Bumi. Tapi awan tebal yang menyelimuti Venus masih menyembunyikan banyak rahasia,” ujar Piero D’Incecco, salah seorang, sebagaimana diberitakan Game Spot pada Rabu (19/10/2016).

Penelitian mengenai aktivitas vulkanis di Venus telah dimulai sejak 2010. Para ilmuwan menggunakan kamera inframerah VirTis untuk meneliti permukaan Venus.

x

Check Also

Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Yerusalem – Nama besar ilmuwan Albert Eistein memang tidak asing di telinga seluruh masyarakat dunia, ...