Home > Teknologi > Sains > Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

California – Luar angkasa memang hingga kini masih menjadi misteri. Namun, beberpa penelitian telah menguak beberapa fakta baru. Misalnya, Planet Venus mempunyai gunung berapi. Sebelumnya, ilmuwan menilai aktivitas vulkanis terakhir Venus terjadi jutaan tahun lalu. Namun, gunung berapi di planet tersebut meletus belum lama ini.

Wow, Venus Ternyata Memiliki Gunung Api yang Masih Aktif

Dalam sebuah observasi yang diselenggarakan oleh badan luar angkasa Eropa (ESA) terungkap bahwa gunung Idunn Mons di Venus memancarkan tingkat radiasi yang tinggi. Hal ini menandakan bahwa lava baru saja melewati daerah ini.

Para peneliti juga menggunakan foto permukaan Venus yang diambil oleh wahana Venus Express milik ESA. Foto tersebut menunjukkan aliran lava mengalir di sepanjang sisi timur gunung. Fakta ini memberi sinyal bahwa Idunn Mons masih aktif.

Baca juga: Proyek Blue Origin Diperkirakan Bakal Booming

“Venus adalah planet yang selalu dianggap saudara kembar Bumi. Tapi awan tebal yang menyelimuti Venus masih menyembunyikan banyak rahasia,” ujar Piero D’Incecco, salah seorang, sebagaimana diberitakan Game Spot pada Rabu (19/10/2016).

Penelitian mengenai aktivitas vulkanis di Venus telah dimulai sejak 2010. Para ilmuwan menggunakan kamera inframerah VirTis untuk meneliti permukaan Venus.

x

Check Also

Cekungan di Mars Ini Dikabarkan Ada Kehidupan Asing

Cekungan di Mars Ini Dikabarkan Ada Kehidupan Asing

California – Planet Mars memang tidak ada habisnya bila diteliti. Yang terbaru, para peneliti mendapati ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis