Home > Ragam Berita > Nasional > Ribuan Bangkai Burung Berserakan di Bali, Imbas Asap Gunung Agung ?

Ribuan Bangkai Burung Berserakan di Bali, Imbas Asap Gunung Agung ?

Amlapura – Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Karangasem, Bali, dikejutkan dengan adanya ribuan burung yang tiba-tiba tewas di bawah pohon tempat biasanya mereka bersarang. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada hari senin (25/09/2017) sekitar pukul 05.00 WITA.

Ribuan Bangkai Burung Berserakan di Bali, Imbas Asap Gunung Agung ?

Ribuan Bangkai Burung Berserakan di Bali, Imbas Asap Gunung Agung ?

Burung jenis pipit ini berserakan di bawah pohon yang berdiameter satu meter. Amin Basri (54) adalah orang yang berprofesi sebagai tukang kebun di Dinas PUPR Karangasem yang pertama kali melihat kejadian terssebut.

Namun sayangnya Amin tidak mengetahui secara pasti penyebab kematian ribuan burung pipit yang secara mendadak ini. Menurutnya kematian burung-burung tersebut diprediksi karena terkena curah hujan yang begitu lebat atau terkena asap dari Gunung Agung.

“Nggak tahu penyebabnya. Mungkin karena hujan atau kena asap gunung. Tumben seperti ini. Sebelumnya nggak pernah. Pohon ini jadi tempat tidur burung,” kata Amin, Senin (25/09/2017).

Baca juga : Bila Dorongan Magma Kuat, Gunung Agung Kemungkinan Besar Meletus

Sementara itu Kepala PVBMG Kementerian ESDM, Kasbani, mengatakan bahwa status Gunung Agung masih level IV awas. Tak hanya itu, intensitas kegempaan hingga kini kian meningkat.

“Intensitas kegempaannya kian meningkat, dan peningkatan gempa vulkanik dangkalnya secara konsisten naik. Kami akan lihat tahapan selanjutnya,” kata Kasbani di PVBMG Pos Pengamatan Gungapi Agung Desa Rendang Karangasem, Bali, Senin (25/09/2017).

Kasbani mengatakan bahwa akan terlebih dahulu melihat perkembangannya untuk mengetahui kemungkinan terjadinya perluasan zona berbahaya dengan adanya peningkatan aktivitas kegempaan.
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Mengaku Belum Pernah Lakukan Registrasi Kartu SIM

Fadli Zon Mengaku Belum Pernah Lakukan Registrasi Kartu SIM

Jakarta – Fadli Zon selaku Wakil Ketua DPR RI mengaku belum melakukan registrasi ulang kartu ...