Guru PGSD Guru bidang studiPekanbaru – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru membuka 200 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun anggaran 2014 ini. Detail formasi yang telah disahkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tersebut akan diumumkan secara resmi di situs www.pekanbaru.go.id paling lambat pekan depan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie, mengatakan bahwa peningkatan jumlah kuota formasi CPNS di Kota Pekanbaru tersebut sudah melalui tahapan lobi sebanyak tiga kali yang dilakukan Pemkot ke pusat. Awalnya, Pemkot Pekanbaru hanya memperoleh 85 formasi dari 2.295 yang diusulkan.

Jumlah 85 formasi tersebtu dirasa kurang memadai oleh Pemkot Pekanbaru, sehingga pihaknya pun melakukan pendekatan kepada pihak KemenPAN-RB hingga akhirnya didapat 150 formasi. Jumlah inipun dirasa masih kurang, sehingga kemudian dikabulkanlah permohonan untuk 200 formasi tadi.

Rozie mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima pengesahan berupa draft 200 formasi. Untuk penempatan dan distribusi formasinya masih harus disusun terlebih dahulu, sebab pelamar CPNS tahun ini harus memilih terlebih dahulu posisi yang akan mereka lamar secara spesifik, sebelum memfinalisasi proses pendaftarannya.

Rozie menjabarkan lagi bahwa beberapa kualifikasi yang siap ditampung oleh Pemkot Pekanbaru tahun ini antara lain:

  1. Guru PGSD
  2. Guru bidang studi
  3. Komputer
  4. Arsitektur
  5. Teknik Sipil
  6. Transportasi darat
  7. Planologi
  8. Akuntansi
  9. Manajemen
  10. Dokter umum
  11. Analis kesehatan
  12. Perawat
  13. Apoteker
  14. Asisten apoteker
  15. Bidan
  16. Gizi
  17. Kesehatan Lingkungan
  18. Ilmu pemerintahan
  19. Ilmu pustaka
  20. Psikologi
  21. Ilmu lingkungan

Berita lainnya
Daftar CPNS Online: Tiga Instansi Dibanjiri Pelamar CPNS 2014
Info Lowongan CPNS 2014: Pemkot Surabaya Buka 116 Lowongan

Untuk syarat umum, kurang lebih sesuai dengan apa yang tercantum di portal Panselnas. Sedangkan untuk syarat khusus, antara lain pelamar harus memiliki E-KTP yang menerangkan bahwa pelamar tersebut berdomisili di Riau. Untuk seleksinya, tetap akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan standar nasional.

Rozie mengatakan bahwa untuk informasi terbaru, pelamar dihimbau untuk selalu memantau situs resmi Pemkot Pekanbaru, www.pekanbaru.go.id . (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)