Wow, Ikan Cupang Terkecil di Dunia Ini Ada di Indonesia



16/08/2015

Pekanbaru – Cupang bagan api alias cupang api-api atau yang memiliki nama keren cupang new red merupakan salah satu jenis ikan cupang yang memiliki habitat di perairan sungai Riau. Baru-baru ini International Betta Club (IBC) atau Klub Ikan Hias Cupang Internasional baru saja mendapuk cupang bagan api sebagai ikan cupang terkecil di dunia. WOW.

Wow, Ikan Cupang Terkecil Di Dunia Ini Ada Di Indonesia

Ikan cupang terkecil di dunia itu berasal dari Bagan Siapi-Api, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Ikan cupang api-api itu juga diketahui bukan hasil persilangan.

“Ikan cupang ini hanya ada di Riau. Ini unik karena panjangnya cuma 2,5 cm-3,5 cm, warnanya merah. Ini ditemukan dua atau tiga tahun yang lalu, namun harus dibudidayakan dan dilestarikan karena hampir punah,” kata anggota IBC, Joty Atmadjaja, di Pekanbaru, Sabtu (15/8).

Dia lebih lanjut menyampaikan, sampai saat ini ikan tersebut belum memiliki nama ilmiah sehingga sering disebut dengan tiga nama di atas. Sehingga sekarang tiga nama tersebut digunakan untuk ikan yang sama.

Ikan cupang terkecil di dunia ini jelas potensi besar ikan hias nasional. Namun, “Saat ini terlihat belum dipoles, diangkat, dan dipromosikan sehingga banyak yang belum meminati,” imbuhnya.

Kontes ikan cupang Pekanbaru saat ini tidak hanya diikuti peserta lokal dan nasional, namun juga dari beberapa negara ASEAN, di antaranya Vietnam, Thailand, Malaysia dan Singapura. Untuk urusan ikan hias, Indonesia memang masih kalah dari Thailand yang diketahui sangat serius mengembangkan ikan-ikan hias air tawarnya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery