Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kenali Penyebab Anak Sering Merasa Lelah

Kenali Penyebab Anak Sering Merasa Lelah

Jakarta – Kelelahan rupanya tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Anak kecilpun bisa mengalaminya.

Kenali Penyebab Anak Sering Merasa Lelah

Hal ini tentunya hal yang tidak wajar karena seharusnya anak selalu berenergi. Kenali penyebab-penyebabnya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Senin, 9/5/2016) berikut ini:

1. Faktor lingkungan
Menonton televisi atau bermain video game hingga larut malam merupakan salah satu penyebabnya. Jika normalnya anak tidur selama 7-9 jam tiap malam, maka tak heran bila esok harinya mereka kelelahan.

2. Sering kesal
Anak yang mengalami penganiayaan dalam sekolah akan mengalami kelelahan karena mereka merasa tertekan dan hal tersebut juga akan berdampak pada akademis.

3. Diet
Anak yang terlihat lesu kemungkinan disebabkan oleh pola makan yang buruk dan gaya hidup tak aktif sehingga menyebabkan seseorang kelelahan.

Junk food yang di satu sisi tak baik bagi kesehatan, juga memiliki peran dalam hal pengembangan mental dan fisik anak. Jika anak tidak melakukan pola makan yang bernutrisi, maka ia akan mudah lelah. Oleh karena itu, berikanlah pola makan yang seimbang dengan kandungan protein tinggi, karohidrat sesuai kebutuhan, dan rendah lemak.

4. Obat-obatan
Jika anak Anda mengonsumsi obat-obatan psikotropik, maka ia akan cepat lelah. Coba konsultasikan dengan dokter terkait dampak tersebut agar bisa menemukan solusi yang tepat.

5. Sindrom kelelahan kronik
Memiliki karakter yang memang mudah lelah dapat memengaruhi kegiatan anak dalam keseharian. Meskipun belum diteliti adanya sindrom ini pada anak, namun beberapa kemungkinan anak bisa mengalaminya adalah karena memiliki sistem peredaran darah yang rendah, masalah tidur, masalah kelenjar endokrin, dan alergi. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Jakarta – Mayoritas orang lebih tertarik menjadi langsing dengan cara instan. Bahkan, mereka tidak segan ...