Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Risiko Kesehatan Bagi yang Bekerja di Shift Malam

5 Risiko Kesehatan Bagi yang Bekerja di Shift Malam

Jakarta – Pekerja di shift malam ternyata lebih rentan terkena beberapa macam masalah kesehatan berikut ini daripada mereka yang bekerja di shift pagi.

5 Risiko Kesehatan Bagi yang Bekerja di Shift Malam

Berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com (Selasa, 10/5/2016):

1. Gangguan siklus tidur

Otak manusia memiliki sirkardian yang bertanggung jawab mengatur siklus tidur, mengatur fungsi pencernaan, detak jantung, dan suhu badan agar sinkron. Kerja shift malam mengganggu ritme sirkardian sehingga memicu berbagai jenis penyakit.

2. Gangguan sistem metabolisme

Sistem sirkardian yang terganggu memengaruhi produksi hormon leptin yang berfungsi mengatur proses metabolisme. Terganggunya produksi hormon leptin menyebabkan masalah obesitas dan penyakit kardiovaskular, seperti jantung, dan ginjal.

3. Diabetes dan obesitas

Kurang berfungsinya hormon leptin juga berpengaruh terhadap produksi insulin. Produksi insulin yang melemah memicu diabetes dan obesitas.

4. Risiko kanker payudara

Beberapa penelitian menunjukkan, wanita yang berkerja pada malam hari selama tiga kali dalam seminggu memiliki risiko kanker payudara lebih besar.

5. Depresi dan cemas

Pekerja shift malam memiliki tingkat hormon seretonin (hormon bahagia) yang lebih rendah, sehingga mereka pada umumnya memiliki suasana hati yang buruk dan mudah berubah-ubah. (Yayan – www.harianindo.com)

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis