Home > Otomotif > Mobil > Tips Otomotif : Cara Mudah Hilangkan Goresan Halus di Mobil

Tips Otomotif : Cara Mudah Hilangkan Goresan Halus di Mobil

Jakarta – Salah satu permasalahan yang kerap menjadi gangguan pada mobil adalah goresan. Goresan di cat mobil sering terjadi meskipun kita sudah sangat berhati-hati ketika mengendarai mobil.

Tips Otomotif : Cara Mudah Hilangkan Goresan Halus di Mobil

Guna memperbaiki cat tergantung pada kedalaman goresan. Goresan yang dalam harusnya diperbaiki di bengkel spesialis. Sementara goresan tipis, bisa diperbaiki sendiri. Caranya cukup mudah dan tak memerlukan waktu lama.

Di pasaran, terdapat beberapa jenis bahan yang dapat mengikis goresan tipis. Di antaranya adalah kompon dan cairan bernama scratch remover.

Erwin Santoso, pengelola Rafet Auto, bengkel spesialis cat dan body mobil di Jalan Raya Bogor Km. 35 No. 37, menjelaskan lebih detail soal penggunaan kompon, Sabtu (23/7/2016). Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan mobil.

“Kemudian gosok amplas halus grit 2.000-2.500 di bagian yang baret. Setelah itu baru pakai kompon yang dioles di daerah yang baret menggunakan lap halus atau kain katun. Ini sudah bisa langsung hilang,” ujarnya.

Menurut Rafet, kompon berfungsi menghaluskan tekstur pernis atau clear coat yang biasanya digunakan untuk finishing pengecatan.

Cara penggunaan scratch remover agak berbeda. Pasalnya, tahap pemakaiannya tak perlu menggosok bagian yang baret menggunakan amplas dulu, melainkan langsung mengusapnya dengan cairan setelah mobil dibersihkan.

“Scratch remover memang benar bisa (menghilangkan baret halus). Tapi saya yakin tak terlalu halus karena tidak mengikuti tahap sebagaimana pakai kompon,” tambahnya.

Selain itu, Anda pun dapat membersihkan baret halus pada mobil dengan menggunakan lotion anti nyamuk! Cara penggunaannya mirip dengan scratch remover. Usai dibersihkan, lotion tinggal digosok di bagian yang baret.

“Ini (lotion anti nyamuk) memang bisa menghilangkan baret. Tapi sebetulnya tidak direkomendasikan karena bukan peruntukkannya,” tutup Erwin. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ratusan Ribu BMW Ditarik lantaran Bermasalah dengan Airbag

Isuzu D-Max Terbukti Tangguh untuk Offroad

Depok – Wiraniaga merupakan sosok penting dalam penjualan mobil. Mereka menjadi salah satu faktor penentu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis