Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Amandel Bermasalah? Berikut Ini Ciri-cirinya

Amandel Bermasalah? Berikut Ini Ciri-cirinya

Jakarta – Amandel merupakan salah satu bagian tubuh yang terletak di dalam rongga mulut yang fungsinya untuk melindungi mulut dari infeksi kuman. Namun demikian, amandel juga bisa terkena infeksi sehingga timbul radang. Bagas Wicaksana, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), mengatakan bahwa gangguan infeksi amandel dapat bersifat akut maupun kronis.

Amandel Bermasalah? Berikut Ini Ciri-cirinya

”Sakit amandel akut hanya satu sampai dua minggu. Kalau kronis, bisa muncul lebih dari lima kali dalam satu tahun,” kata Bagas pada Jumat Kamis (22/10/2016).

Sakit amandel tidak hanya terjadi pada anak-anak yang memang pada umumnya terjadi, namun orang dewasa juga bisa mengalaminya. Gejala yang timbul biasanya berupa nyeri tenggorokan, sakit pada saat menelan, dan batuk.

Baca juga: Benarkah Kacang Hijau Bikin Rambut Bayi Lebat ?

Pada kasus amandel kronis, gejala bahkan disertai demam, kelelahan, mendengkur, bahkan yang fatal adalah Obstructive Sleep Apnea, atau berhenti bernafas saat tidur karen saluran pernafasan menyempit.

Pada kasus radang amandel akut, tindakan pengangkatan masih belum diperlukan kecuali infeksi tidak kunjung sembuh, bahkan semakin terasa sakit saat menelan, maka tindakan pengangkatanpun diperlukan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Mengerjakan PR Selama 30 Menit Bisa Meningkatkan Stres Pada Anak

Jakarta – Pekerjaan rumah alias PR biasanya diberikan oleh guru agar anak belajar dirumah.Namun tahukah ...