Home > Gaya Hidup > 8 Langkah Mudah Berhenti Merokok

8 Langkah Mudah Berhenti Merokok

Jakarta – Bagi perokok, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan bila ingin berhenti merokok karena seperti diketahui, nikotin memiliki sifat adiktif yang hampir sama dengan heroin.

8 Langkah Mudah Berhenti Merokok

Namun demikian, ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan bila seseorang memang berkomitmen untuk berhenti merokok, seperti dilansir dari Everydayhealth, Jumat (21/10/2016).

1. Tetapkan Hari dan Tanggal
Tetapkan hari dan tanggal yang tepat untuk Anda berhenti merokok tanpa stres dan tekanan dari luar.

2. Tuliskan Alasan Anda Berhenti Merokok
Ambil secarik kertas dan tuliskan di sana alasan mengapa Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Misalnya, takut resiko kesehatan, ingin hidup lebih lama, tidak ingin pakaian dan mobil jadi bau asap rokok, dan sebagainya.

3. Dukungan Teman dan Keluarga
Sebuah komitmen tidak lepas dari dukungan orang terdekat, seperti sahabat dan keluarga. Dukungan juga akan menambah motivasi seseorang untuk berhenti merokok.

4. Kenali Pemicunya
Kenali kapan atau pada situasi apa biasanya Anda merokok. Misalnya, bila Anda terbiasa merokok bila sedang mengemudi, sediakan permen di mobil Anda untuk mengalihkan keinginan merokok.

5. Antisipasi Keinginan Merokok
Bila keinginan merokok datang lagi, berusahalah mengantisipasinya dengan melakukan atau mikirkan hal lainnya, seperti misalnya minum segelas air, bermain game, berolahraga, atau menonton film.

8 Langkah Mudah Berhenti Merokok

6. Menahan Diri
Seseorang yang memutuskan untuk berhenti merokok biasanya pada awalnya akan sedikit labil dalam emosi, seperti cemas, sedih, atau menjadi sulit tidur. Hal ini wajar, dan akan hilang dengan sendirinya bila telah terbiasa.

7. Buang Semua Persediaan Rokok dan Segala Hal yang Berhubungan dengan Rokok
Buanglah persediaan rokok atau segala hal yang berhubungan dengan rokok, seperti cerutu, asbak, pemantik, atau apa saja yang bisa membangkitkan hasrat Anda kembali untuk merokok.

8. Hadiahi Diri Sendiri
Simpanlah uang yang biasa Anda pakai untuk membeli rokok setiap harinya. Setelah terkumpul, pakailah untuk membeli pakaian, makanan enak, atau memulai hobi baru.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Beberapa Obat Herbal untuk Kurangi Tingginya Asam Urat`

Inilah Beberapa Obat Herbal untuk Kurangi Tingginya Asam Urat

Jakarta – Kristalisasi asam urat menjadi penyebab utama nyeri sendi, rematik, dan gagal ginjal. Hal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis