Home > Ragam Berita > Nasional > Pakar Telematika Angkat Bicara Terkait Pembuktian Isu Chat Habib Rizieq dan Firza

Pakar Telematika Angkat Bicara Terkait Pembuktian Isu Chat Habib Rizieq dan Firza

Jakarta – Belakangan ini, beredar foto-foto percakapan seks di media sosial yang diduga milik Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan Firza Husein. Foto-foto tersebut ramai diperbincangkan oleh publik. Meskipun kedua belah pihak yang bersangkutan telah membantah melakukan percakapan tersebut, namun ada sejumlah orang yang menduga bahwa chat tersebut memang asli milik mereka berdua.

Pakar Telematika Angkat Bicara Terkait Pembuktian Isu Chat Habib Rizieq dan Firza

Habib Rizieq Shihab

Kuasa hukum dari Rizieq membantah percakapan tersebut milik kliennya dengan dalih bahwa telepon genggam Rizieq dikloning orang yang tak bertanggungjawab. Melihat hal itu, pakar telematika, Heru Sutadi turut menanggapinya. Ia mengatakan ada banyak cara dalam membutikan keaslian chat seks tersebut.

Cara pertama adalah harus memeriksa secara langsung ponsel kedua orang yang terlibat dalam percakapan tersebut. Mengingat kemajuan ilmu forensik saat ini, informasi apa pun yang telah dihapus dari ponsel masih ada kemungkinan untuk bisa dikembalikan, kecuali jika telah diformat.

“Kita harus memeriksa secara langsung kedua ponsel Rizieq dan Firza. Meski sudah dihapus sekalipun, data-datanya masih bisa diambil, kecuali ponselnya sudah diformat,” jelas Heru, Selasa (31/1/2017).

Apabila chat tersebut tidak asli, ada kemungkinan oknum yang tak bertanggungjawab merekayasa chat keduanya. Heru melanjutkan bahwa saat ini ada sejumlah aplikasi chat palsu yang tampak mirip dengan aslinya. Karena belum ada konfirmasi soal keaslian chat tersebut, Heru mengingatkan agar masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar.

“Tidak menutup kemungkinan ini bisa direkayasa, mengingat video yang beredar juga merupakan hasil screenshot. Kita harus menunggu semuanya dibuktikan terlebih dahulu,” tuturnya.

Baca Juga : Prabowo Minta Maaf ke Warga Karena Pernah Mendukung Ahok

“Masyarakat jangan mudah percaya, karena ini bisa menimbulkan kemarahan, adu domba dan membuat suasana panas. Masyarakat harus cerdik, harus menunggu kepastian soal keaslian chat tersebut,” ungkap Heru.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Tegaskan Belum Dapat Kabar dari Golkar

Ridwan Kamil Tegaskan Belum Dapat Kabar dari Golkar

Bandung – Kandidat calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menanggapi beredarnya surat keputusan yang diduga ...