Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Pesan Berantai Siswa SD di Video Ikan Tongkol Mengalami Disleksia, Benarkah ?

Beredar Pesan Berantai Siswa SD di Video Ikan Tongkol Mengalami Disleksia, Benarkah ?

Jakarta – Beberapa waktu lalu, video AR menjadi sangat viral. Dia adalah siswa sekolah yang salah menyebut ikan tongkol. Hal tersebut terjadi saat dia ditanya Presiden Jokowi.

Beredar Pesan Berantai Siswa SD di Video Ikan Tongkol Mengalami Disleksia, Benarkah ?

AR, siswa SD yang salah mengucapkan ikan tongkol

Nah, bila terjadi pada Anda, hal tersebut tentu sangat memalukan. Meski dinilai cukup lucu, beberapa orang pun mem-bully. Tentu, tindakan tersebut adalaah kurang bijak. Selain itu, tindakan tersebut dapat berdampak buruk.

Akibatnya, muncul broadcast yang cukup viral. Isinya adalah pembelaan terhadap anak tersebut. Broadcast tersebut mengklaim bahwa anak tersebut yatim piatu dan menderita disleksia dengan membawa-bawa nama endorser Koordinator Komunitas Difabel Semarang Noviana Dibyantari.

Hal menarik yang ingin Vaksincom bahas disini adalah teknik pembuatan hoax yang terkandung dalam broadcast yang disebarkan oleh pembuat broadcast hoax tersebut.

Baca juga: Pengacara Tegaskan Ahok Tak Pernah Berencana Laporkan Ma’ruf Amin

Nah, berikut ini adalah salah satu versi dari broadcast yang viral di grup Whatsapp:

<<>>

Mentertawakan Kemalangan Saudara Sendiri

Bapak Ibu pernah melihat video ini ? video berdurasi singkat ikhwal anak SD yang menjawab pertanyaan Pak Presiden tentang nama-nama ikan. Viral banget yaa…

Video ini sukses membuat jutaan pemirsa di Indonesia ngakak guling-guling saat mendengar jawaban sang bocah yang lugas dan teramat polos. Jawaban itu tak lain adalah nama ikan yang seharusnya adalah ikan Tongkol , namun dilafalkan terbalik menjadi nama alat vital laki-laki dalam bahasa Sunda/Jawa.

Dan sang pengunggah video inipun menuai jutaan klik yang artinya adalah mengalirnya sejumlah uang ke dalam pundi-pundinya.

Saya termasuk yang sempat tersenyum simpul saat mendapat share video ini, asli sama sekali tidak mengetahui latar balakang pembuatan video ini, dan siapa bocah polos berseragam putih merah yang sanggup memancing tawa dan senyum bahkan bapak Presiden RI.
Namun betapa menyesalnya saya, setelah saya mengetahui siapa adik cilik nan lucu ini.

Ternyata ia adalah Akhsan, seorang anak penyandang difabel Dyslexia (penderita kesulitan berbicara/membaca/mengucapkan kata-kata yg mirip) yang baru satu minggu mengikuti terapi, dan Akhsan adalah seorang anak yatim piatu .

Menurut Noviana Dibyantari, Koordinator Komunitas Difabel Semarang, Akhsan setiap hari menulis surat pada Ibunya.

Surat yang tak kunjung berbalas tentu saja. Akhsan kecil terus saja melakukan itu, karena ia tak mengerti bahwa Mamanya telah tiada.

Jadi teman-teman, Bapak Ibu, mari berhenti menshare video ini, karena ada bocah kecil malang yang nantinya akan terus ditertawakan. Akhsan itu saudara kita, anak Indonesia yang harus dibantu dan disayangi, alih-alih dijadikan bahan olok-olok karena kekurangannya.

– Bu Anni Albayan –

Semoga bermanfaat ??
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anggaran Rp 28 Miliar Untuk Tim Gubernur Mendapat Sorotan DPRD DKI

Anggaran Rp 28 Miliar Untuk Tim Gubernur Mendapat Sorotan DPRD DKI

Jakarta – Jhonny Simanjuntak selaku Wakil Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta memiliki penilaian bahwa ...