Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Jakarta – Mayoritas orang lebih tertarik menjadi langsing dengan cara instan. Bahkan, mereka tidak segan untuk mengonsumsi obat-obatan medis yang belum tentu aman bagi kesehatan.

Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Suplemen

Tidak jarang, obat tersebut dikonsumsi tanpa resep dari dokter.

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (23/7/2017), salah satu obat yang pernah disalahgunakan adalah suplemen Levotiroksin sebagai obat pelangsing,” kata dr Farid Kurniawan, SpPD dalam edukasi kesehatan yang berlangsung belum lama ini.

Levotiroksin merupakan suplemen untuk penderita gangguan hipertiroid (kelebihan hormon tiroid) yang berfungsi menekan kelebihan produksi hormon tersebut.

Meski demikian, apabila digunakan tidak sesuai anjuran, seseorang bisa mengalami beberapa efek samping, seperti keropos tulang (osteoporosis) dini.

Hormon tiroid dikenal berperan dalam sistem kekebalan tubuh, peningkatan protein dalam tubuh serta meningkatkan protein di plasma darah.

Baca juga: Bebas Nyeri Sendi dengan Menghindari 5 Makanan Ini

Gejala-gejala yang paling sering terlihat dari hipertiroid yakni mata merah, berat badan turun, rambut rontok, bentuk tubuh berubah dan jantung bekerja lebih lambat. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

MUI Tak Haramkan Imunisasi

MUI Tak Haramkan Imunisasi

Jakarta – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni’am, menegaskan bahwa pemberian imunisasi ...