Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Indonesia Resmi Kuasai Saham Mayoritas Freeport

Pemerintah Indonesia Resmi Kuasai Saham Mayoritas Freeport

Jakarta – Akhirnya Pemerintah melalui PT Inalum (Persero) resmi memiliki 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Amanat Presiden Jokowi ini langsung melibatkan Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pemerintah Indonesia Resmi Kuasai Saham Mayoritas Freeport

Siti Nurbaya Bakar selaku Menteri LHK berkata bahwa “Melalui penguasaan saham mayoritas PTFI oleh Inalum, pemerintah mengharapkan kualitas pengelolaan lingkungan PTFI dapat terus ditingkatkan,”

Menteri Siti mengaku akan terus mengawal pemenangan saham ini dari segi lingkungan sehingga bisa kembali ke negara seperti harusnya.

Pernyataan itu ia sampaikan saat acara penandatanganan Pokok-pokok Kesepakatan Divestasi Saham atau Heads of Agreement (HoA) antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), Freeport McMoran (FCX), PT Freeport Indonesia (PTFI), Rio Tinto Indonesian Holdings Limited, dan Rio Tinto Nominees Limited, Kamis (12/7) di Jakarta.

Seperti yang diketahui, dalam menyelesaikan divestasi saham ini sangat penting jika aspek lingkungan menjadi salah satu fokus utama pemerintah.

Kemudian Menteri Siti juga menegaskan bahwa “Selain mengendalikan limbang tailing secara ramah lingkungan, PTFI agar dapat mencari terobosan untuk pemanfaatan limbah tailing sebagai bahan baku industri, sehingga tidak hanya bermanfaat bagi PTFI, tetapi juga bermanfaat bagi industri lainnya,”

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Adik Prabowo Yakin Jokowi Bakal Kalah di 2019

Adik Prabowo Yakin Jokowi Bakal Kalah di 2019

Jakarta – Hashim Djojohadikusumo kali ini berikan pembelaan bahwa survei elektabilitas antara Prabowo-Sandi dan Jokowi-KH ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135